Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping di Kelas X IPS 1 SMAN 1 Ruteng -Anam

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping di Kelas X IPS 1 SMAN 1 Ruteng -Anam

XML

Marselina Alfrida Sueng, NIM : 1701090093, menulis skripsi berjudul Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Ruteng-Anam. Dibimbing oleh Bapak Susilo Setyo Utomo,S.Pd M.Pd dan Bapak Flafius Selfianus Rato,S.Pd,M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1). Proses penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping dalam pembelajaran sejarah kelas X di SMAN 1 Ruteng-Anam, (2). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar sejarah kelas X di SMAN 1 Ruteng-Anam. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan dan satu kali ulangan harian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, dokumentasi, observasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X semester berjalan SMAN 1 Ruteng-Anam yang mengalami masalah dengan hasil belajarnya. Hasil peneliti an ini menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik kelas X di SMAN 1 Ruteng-Anam setelah diterapkannya model pembelajaran Tipe Mind Mapping mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil belajar yang diperoleh peserta didik pada kelas A. Pada kelas A jumlah peserta didik yang mencapai KKM pada siklus I sebanyak 18 orang dengan presentase 60%, peserta didik yang tidak mencapai KKM menurun yaitu berjumlah 12 orang dengan presentase 40%. Dengan nilai rata-rata kelas 72,26. Pada siklus II hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dalam hasil belajar, dari 30 peserta didik semuanya memenuhi KKM yang telah ditentukan oleh sekolah dengan presentase 100%.
Kata kunci: Hasil belajar, Pembelajaran sejarah, Pembelajaran Mind Mapping


Detail Information

Item Type
Penulis
MARSELINA ALFRIDA SUENG - Personal Name
Student ID
1701090093
Dosen Pembimbing
SUSILO SETYO UTOMO - 198906242014041001 - Dosen Pembimbing 1
FLAFIUS SELFIANUS RATO - 198702202019031009 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 Sue P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA