Studi Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SDK Amahatan Kecamatan Raimanuk Kabupaten Belu

Detail Cantuman

Skripsi

Studi Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SDK Amahatan Kecamatan Raimanuk Kabupaten Belu

XML

STUDI PELAKSANAAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) DI SDK AMAHATAN KECAMATAN RAIMANUK KABUPATEN BELU. Elisabeth S. Lisu, Afrona E. L. Takaeb, Helga. J. N. Ndun. xii + 74 halaman + 7 lampiran
Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan prospek penting dalam mengupayakan pencegahan penyakit dan peningkatan kesehatan anak di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan pelaksanaan UKS di SDK Amahatan yang meliputi pelaksanaan tiga program pokok UKS, peran guru, dan sarana prasarana. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan dokumentasi kepada 10 informan yang meliputi kepala sekolah, 3 guru, orangtua, ketua komite sekolah, 3 siswa dan petugas kesehatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kegiatan UKS mencakup pendidikan kesehatan yang berfokus pada PHBS, sedangkan pelayanan kesehatan dijalankan oleh petugas kesehatan saja sehingga sekolah hanya menunggu layanan kesehatan dari pusat kesehatan masyarakat. Selain itu, pembinaan lingkungan sekolah sehat memprioritaskan lingkungan fisik seperti ruang kelas yang bersih tanpa memperhatikan hal yang dapat mendukung hubungan yang sehat antara guru dan siswa. Kegiatan UKS tidak rutin dilakukan dan mengalami beberapa kendala dalam pelaksanaannya. Selain itu, keterlibatan kepala sekolah dan petugas kesehatan sangat membantu untuk mengusahakan terlaksananya kegiatan UKS. Peran guru dalam program UKS meliputi pemberian informasi, penilaian, pemeriksaan serta mengarakan siswa untuk melakukan kebersihan secara mandiri. Berkaitan dengan sarana prasarana yang tersedia saat ini masih terbatas dan belum memenuhi strata minimal pelayanan UKS untuk pembinaan lingkungan sekolah yaitu hanya tersedia tempat cuci tangan, wc/jamban dan tempat sampah serta belum tersedia saluran pembuangan air kotor yang berfungsi, ruang UKS dan melakukan 3m+ satu kali seminggu. Hambatan pelaksanaan UKS yaitu terbatasnya sarana prasarana sekolah, kurangnya partisipasi dan sosialisasi perawatan luka serta penggunaan kotak P3K bagi siswa dan guru. Disarankan kepada pihak sekolah dan puskesmas agar dapat melaksanakan pengadaan sarana prasarana, sosialisasi perawatan luka dan penggunaan kotak P3K di lingkungan sekolah.

Daftar Pustaka : 55 (2010- 2019)
Kata Kunci :Tiga program pokok UKS, peran guru, sarana prasarana


Detail Information

Item Type
Penulis
Elisabeth Sandria Lisu - Personal Name
Student ID
1607010122
Dosen Pembimbing
HELGA JILLVERA NATHALIA NDUN - 198702242008122001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Ribka Limbu - 197410022003122001 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
13101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
132.01Lis S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA