Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Materi Kerjasama Dalam Keberagaman Di Kelas Iv Sd Inpres Besnam Kabupaten Timor Tengah Selatan (Penelitian Kuantitatif)

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Materi Kerjasama Dalam Keberagaman Di Kelas Iv Sd Inpres Besnam Kabupaten Timor Tengah Selatan (Penelitian Kuantitatif)

XML

Jetri P. Penu Nim :1601140228 (2021) Dengan judul Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ppkn Materi Kerjasama Dalam Keberagaman Di Kelas IV SD Inpres Besnam. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana. Pembimbing (I) Dr.BenediktusKasa,M.Si Pembimbing (II) Treesly Y.N Adoe,S.Sos.M,Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Model Pembelajaran Kooperatif STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Materi Kerjasama Dalam Keberagaman di Kelas IV SD Inpres Besnam. Penelitian ini menggunakan rancangan penellitian eksperimen. Jenis eksperimen yang digunakan adalah Quasy Eksperimen Design. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah postest only control design,yaitu pengontrolan secara acak dengan tes hanya di akhir perlakuan. Berdasarkan hasil analisis data pengujian uji validitas soal menggunakan rumus product moment dengan bantuan Microsoft Exel 2007 semua soal dinyatakan valid. Hasil pengujian reliabilitas dengan menggunakan rumus KR.20 memperoleh indeks reliabilitas 0,92 dengan kategori reliabilitas sangat tinggi. Hasil pengujian uji normalitas dilkukan dengan uji chi-kuadrat diperoleh nilai sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai =3,647 dan 7,814 dapat diketahui bahwa hasil pos test pada kelas eksperimen dan kontrol mendapat nilai < .oleh karena itu dapat di simpulkan bahwa hasil pos test pada kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal. Sedangkan pengujian uji homogenitas menggunakan uji F memperoleh F hitung =1,29781 dan nilai F tabel = 2,576927. Setelah dilakukan perbandingan diperoleh F hitung (1,29781)< F tabel (2,576927) maka dapat di simpulkan bahwa varians homogen. Hasil pengujian hipotesis mengunakan uji statistik yaitu paired sampel T-test diperoleh t hitung = 6,2709 dan t tabel = 2,0555 dengan kriteria pengujian pada taraf signifikan 5% jika t hitung > t tabel maka Ho di tolak Ha diterima setelah melakukan perbandingan diperoleh t hitung (6,2709) > t tabel (2,0555) maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar PPKn materi kerjasama dalam keberagaman. Kata Kunci : Model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
Jetri P. Penu - Personal Name
Student ID
1601140228
Dosen Pembimbing
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Ketua Penguji
B Kasa - 195706141984031001 - Penguji 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Pen P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA