Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hak, Kewajiban Dan Tanggungjawab Warga Masyarakat Di Kelas V Sd Negeri Maiwal Kabupaten Alor

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hak, Kewajiban Dan Tanggungjawab Warga Masyarakat Di Kelas V Sd Negeri Maiwal Kabupaten Alor

XML

Hingkoli, Kornelis. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hak, Kewajiban Dan Tanggungjawab Warga Masyarakat Di Kelas V SD Negeri Maiwal, Kabupaten Alor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana. Pembimbing (I).Dr. Benediktus Kasa, M.Si. (II) Treesly Y.N. Adoe,S.Pd,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi Hak, Kewajiban Dan Tanggungjawab di kelas V SD Negeri Maiwal, Kabupaten Alor. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Pada desain ini melibatkan dua kelompok yakni kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran dan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran. Pada kedua kelompok ini diberikan materi yang sama untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diperoleh dari pre tes dan post tes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Maiwal yang berjumlah 23 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 23 orang, dimana semua populasi di jadikan sampel. Berdasarkan hasil tes post tes diketahui nilai rata-rata kelas eksperimen 81 dan kelas kontrol 71,92. Dari hasil post tes ini menunjukan bahwa hasil belajar pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Selain itu, hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran jigsaw berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan menggunakan rumus uji t memperoleh nilai dan 2,080 pada taraf signifikasi 5%. Setelah dilakukan perbandingan diperoleh > sehingga diterima dan ditolak. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi Hak, Kewajiban dan Tanggungjawab warga masyarakat di kelas V SD Negeri Maiwal, Kabupaten Alor. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
Kornelis Hingkoli - Personal Name
Student ID
1601140248
Dosen Pembimbing
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
B Kasa - 195706141984031001 - Penguji 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Hin P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA