Skripsi
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hak, Kewajiban Dan Tanggungjawab Warga Masyarakat Di Kelas V Sd Negeri Maiwal Kabupaten Alor
XMLHingkoli, Kornelis. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hak, Kewajiban Dan Tanggungjawab Warga Masyarakat Di Kelas V SD Negeri Maiwal, Kabupaten Alor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana. Pembimbing (I).Dr. Benediktus Kasa, M.Si. (II) Treesly Y.N. Adoe,S.Pd,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi Hak, Kewajiban Dan Tanggungjawab di kelas V SD Negeri Maiwal, Kabupaten Alor. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Pada desain ini melibatkan dua kelompok yakni kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran dan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran. Pada kedua kelompok ini diberikan materi yang sama untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diperoleh dari pre tes dan post tes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Maiwal yang berjumlah 23 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 23 orang, dimana semua populasi di jadikan sampel. Berdasarkan hasil tes post tes diketahui nilai rata-rata kelas eksperimen 81 dan kelas kontrol 71,92. Dari hasil post tes ini menunjukan bahwa hasil belajar pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Selain itu, hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran jigsaw berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan menggunakan rumus uji t memperoleh nilai dan 2,080 pada taraf signifikasi 5%. Setelah dilakukan perbandingan diperoleh > sehingga diterima dan ditolak. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi Hak, Kewajiban dan Tanggungjawab warga masyarakat di kelas V SD Negeri Maiwal, Kabupaten Alor. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Kornelis Hingkoli - Personal Name
|
Student ID |
1601140248
|
Dosen Pembimbing |
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
B Kasa - 195706141984031001 - Penguji 1 Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Hin P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |