Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam Pembelajaran Sejarah Tentang Kerajaan Maritim Hindu Dan Budha Di Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Ips Sman 1 Fatuleu Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam Pembelajaran Sejarah Tentang Kerajaan Maritim Hindu Dan Budha Di Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Ips Sman 1 Fatuleu Kabupaten Kupang

XML

ABSTRAK
Kreatifitas guru dalam mengajar sangatlah kurang sehingga siswa merasa jenuh dan kurang berpartisipasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung, kurangnya inovasi yang dilakukan oleh guru mata pelajaran dalam merancang strategi pembelajaran di kelas juga menyebabkan siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar siswa tidak efektif karena nilai mata pelajaran sejarah yang di peroleh siswa rata-rata yaitu 60 sementara KKM pada mata pelajaran sejarah adalah 75. Oleh karena itu, pentingnya penerapan strategi pembelajaran agar dapat meningkatkan kreatifitas dan minat belajar siswa dengan menggunakan kemampuan berpikir kritis terhadap setiap pemecahan masalah dalam pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Inkuiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi pembelajaran inkuiri tentang kerajaan maritim hindu budha di Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XI SMAN I Fatuleu Kabupaten Kupang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tentang kerajaan maritim hindu dan budha di Indonesia dengan menerapkan strategi pembelajaran inkuiri pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Fatuleu Kabupaten Kupang. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 32 orang yang terdiri dari siswa laki-laki berjumlah 17 orang dan siswi perempuan berjumlah 15 0rang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa, guru dan teman sejawat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumen. Siswa dikatakan tuntas belajar jika siswa mendapat KKM 75 dan ketuntasan belajar mencapai 85%. Sebelum diadakan penelitian yang memperoleh nilai ≥75 sebanyak 18 orang (56%) tuntas dan 14 orang (44%) tidak tuntas. Setelah dilakukan hasil belajar siswa meningkat. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa pada siklus I yang memperoleh nilai ≥ 75 sebanyak 21 orang (65,62%) tuntas dan 11 orang (34,37%) tidak tuntas. Siklus II sebanyak 29 orang (90,62%) tuntas dan 3 orang (9,37%) tidak tuntas. Sedangkan hasil observasi menunjukan bahwa pada siklus I nilai observasi siswa mencapai 60% dan nilai observasi guru mencapai 72.72%. Siklus II nilai observasi siswa mencapai 90% dan nilai observasi guru mencapai 92.72%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar dan model inkuiri


Detail Information

Item Type
Penulis
IRMA ATRIANA ANO - Personal Name
Student ID
1601090079
Dosen Pembimbing
MALKISEDEK TANEO - 196704021994031003 - Dosen Pembimbing 1
I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 19861029201903008 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fransina Aprilyse Ndoen - 198608022014042001 - Ketua Penguji
MALKISEDEK TANEO - 196704021994031003 - Penguji 1
I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 198610292019031008 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
PENDIDIKAN SEJARAH
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 ANO P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA