Pengelolaan Dana Desa Pada Desa Ndao Nuse, Kecamatan Ndao Nuse, Kabupaten Rote Ndao Tahun 2017-2019

Detail Cantuman

Skripsi

Pengelolaan Dana Desa Pada Desa Ndao Nuse, Kecamatan Ndao Nuse, Kabupaten Rote Ndao Tahun 2017-2019

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengelolaan Dana Desa di Desa Ndao Nuse Kecamatan Ndao Nuse Kabupaten Rote Ndao dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat pengelolaan Dana Desa dalam pembangunan Desa Ndao Nuse Kecamatan Ndao Nuse Kabupaten Rote Ndao.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan dan studi lapangan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dengan subjek penelitian yang terdiri dari Pemerintah Desa Ndao Nuse dan masyarakat Desa Ndao Nuse. Selanjutnya hasil penelitian dianalisis melalui metode analisis deskriptif dimana menggambarkan bagaimana pengelolaan Dana Desa dan faktor-faktor penghambat dalam proses pengelolaan Dana Desa dalam meningkatkan pembangunan ekonomi infrastruktur desa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengelolaan Dana Desa di Desa Ndao Nuse Kecamatan Ndao Nuse Kabupaten Rote Ndao terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban. Tahapan perencanaan, dilihat dari musrembang yang diadakan dan pembentukan tim pelaksanaan Dana Desa sudah cukup efektif. Dalam kegiatan musrembang partisipasi masyarakat cukup baik, di hadiri oleh seluruh lapisan masyarakat dan perangkat desa menyampaikan kepada masyarakat besar anggaran dan peruntukkannya. Tahapan pelaksanaan berdasarkan hasil penelitian cukup efektif, dimana penggunaan anggaran Dana Desa dapat terselesaikan dengan baik namun masih kurangnya detail informasi terkait pelaksanaan perencanaan kegiatan oleh pemerintah desa kepada masyarakat, sehingga pencapaian tujuan pengelolaan Dana Desa yang dilakukan di Desa Ndao Nuse masih kurang efektif. Pada tahapan pertanggungjawaban dalam proses Pengelolaan Dana Desa masih kurang efektif, dimana penyusunan laporanpertanggungjawaban tidak disusun oleh pemerintah Desa Ndao Nuse melainkan di bantu oleh dinas terkait serta tidak adanya evaluasi kegiatan yang seharusnya dilakukan bersama masyakat Desa Ndao Nuse terkait laporan pertanggungjawaban. Faktor-faktor penghambat adalah sumber daya manusia, informasi, dan partisipasi Sumber daya manusia dimana masih rendahnya kualitas sumber daya manusia di Desa Ndao Nuse yakni sebagian besar warga dan pejabat desa yang pendidikan terakhirnya SMA dan belum memahami peraturan Perundang-Undangan Desa. Informasi yang disampaikan juga tidak dapat dipahami oleh masyarakat desa dan minimnya partisipasi masyarakat desa dalam hal inisiatif mengetahui laporan pertanggungjawaban dimana masyarakat sendiri sebagai pihak yang mengawasi pengelolaan Dana Desa.

Kata kunci: Pengelolaan, Dana Desa dan Faktor Penghambat


Detail Information

Item Type
Penulis
Ruslin Feoh - Personal Name
Student ID
1601080066
Dosen Pembimbing
markus u.k.yewang - 196412231994031002 - Dosen Pembimbing 1
Jacob Abolladaka - 197202102006041002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Ari Data - 197209022003121003 - Ketua Penguji
Yewang - - Penguji 1
Jacob Abolladaka - 197202102006041002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Ekonomi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.03 FEO P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA