Skripsi
Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Indonesia Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbasis Keterampilan Multiliterasi pada Siswa SMAK Santo Gregorius Reo
XMLTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) upaya peningkatan hasil belajar Sejarah Indonesia melalui penerapan strategi pembelajaran Inkuiri Berbasis Keterampilan Multiliterasi pada Siswa SMAK St Gregorius Reo. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) Penelitian ini terdiri dari dua siklus masing- masing terdiriidari satu kali pertemuan dan satu kali ulangan harian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan test, dokumentasi, observasi instrumen yang dilakukan adalah peserta didik kelas Xi di SMAK SANTO GREGORIUS REO setelah diterapkan metode pembelajaran Peningkatan Hasil Belajar sejarah Indonesia Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Berbasis Multiliiterasi Pada Siswa Smak Santo Gregorius Reo mengalami peningkatan. Pada siklus I upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa, belajar siswa yang mencapai KKM masih dibawah kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 75. Siswa mencapai KKM pada siklus I sebanyak 27 siswa dengan ketuntasan 76,66 % sedangkan siswa yang belum mempunyai KKM sebanyak 3 orang dengan ketuntasan belajar 8,66%% . pada siklus II mengalami peningkatan dibandingkan siklus I. pada siklus I aktivitas belajar siswa mencapai 75% dan aktivitas kinerja guru 76.26% sedangkan siklus II aktivitas belajar siswa mencapai 11.625% dan aktivitas kinerja guru 90.09%.
Kata kunci. Hasil belajar, Sejarah Indonesia, Pembelajaran Inkuiri berbais Multiliterasi
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
RISKIANI KURNIATI SUDIRMAN - Personal Name
|
Student ID |
1701090108
|
Dosen Pembimbing |
H. Djakariah - 19966120519911031002 - Dosen Pembimbing 1
SUSILO SETYO UTOMO - 198906242014041001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
H. Djakariah - 1966120519911031002 - Ketua Penguji
Susilo Setyo Utomo - 198906242014041001 - Penguji 1 Delsy A. Dethan - 198212192014042001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Sejarah
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.01 Sud P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |