Skripsi
Peran Bimbingan Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Nunbaun Delha Kota Kupang
XMLABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk-bentuk bimbingan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V Sd Inpres Nunbaun Delha. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskritif dengan teknik pengumpulan data yakni observasi dan wawancara dengan jumlah siswa 4 orang siswa SD Inpres Nunbaun Delha dan 4 orang tua. Penelitian ini dilaksanakan di Sd Inpres Nunbaun Delha dengan hasil penelitian adanya 4 bentuk bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa yaitu : 1. Komunikasi, 2. Kesempatan, 3. Tanggung Jawab, dan 4. Konsistensi yang nampak dalam bimbingan orang tua terhdap prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa peran bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa sangat berpengaruh besar terhadap kegiatan belajar siswa di rumah. Dan oleh karena prestasi belajar juga di lihat dari aspek sikap dan pengalaman maka pembinaan bimbingan dan pembiasaan pendidikan dirumah oleh orang tua sangat berperan penting, apabila suasana di rumah mendukung, hal ini mendukung pula prestasi belajar bagi anak-anak di sekolah.
Kata Kunci : Peran, Bimbingan Orang Tua, Prestasi Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Marlin Ndun - Personal Name
|
Student ID |
1601140101
|
Dosen Pembimbing |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 1 Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Ndu P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |