Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Usaha Dan Energi Pada Siswa Kelas X MIA SMA Negeri Kabola

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Usaha Dan Energi Pada Siswa Kelas X MIA SMA Negeri Kabola

XML

ABSTRAK

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan cara menerapkan model pembelajaran Means Ends Analysis. Penelitian ini memiliki tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis untuk meningkatkan hasil belajar fisika materi usaha dan energi pada siswa kelas XMIA SMA Negeri Kabola. Sedangkan tujuan khusus dari penelitian ini yaitu setelah melakukan pembelajaran siswa dapat: 1)Menjelaskan usaha dalam kehidupan sehari-hari, 2)Memahami usaha beberapa gaya dan grafik usaha, 3) Menjelaskan energi potensialdan energi kinetik dalam kehidupan sehari–hari, 4) Menjelaskan hubungan usaha dan energi, 5)Menjelaskan hukum kekekalan energy mekanik, 6) Menganalisis berbagai peristiwa yang yang berhubungan dengan energy potensial dan energy kinetic, 7) Menganalisis berbagai peristiwa yang berhubungan dengan hukum kekekalan energi mekanik
Subjek dalam penelitian ini siswa kelas XI MIA SMA Negeri kabolatahun Ajaran 2021/2022. Siswa-siswa ini memliki masalah yakni hasil belajar fisika yang rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diterapkan model pembelajaran Means Ends Analysis. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2021.
Berdasarkan hasil analisis data dapat dilihat bahwa siswa sebelum diberi perlakuan memiliki hasil belajar fisika tentang Usaha dan energi. Rata-rata nilai yang didapat pada tes pra-tindakan adalah 29,1. Setelah diberi tindakan pada siklus I, hasil belajar fisika siswa pada materi usaha dan energi mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai 76,5. Pada siklus II, hasil belajar siswa terus meningkat mencapai rata-rata,86,4. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu setelah siswa diberi perlakukan dengan menerapkan model pembelajaran Means Ends Analisis, hasil belajar fisika siswa meningkat.

Kata kunci: Model Pembelajaran Means Ends Analysis, Hasil Belajar Fisika


Detail Information

Item Type
Penulis
Sania Yulinda Alelang - Personal Name
Student ID
1501050010
Dosen Pembimbing
Kadek Ayu Astiti, S.Pd.,M.Pd - 19880928 201404 2 002 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kadek Ayu Astiti - 198809282014042002 - Ketua Penguji
Herry Fridolin Lalus - 198812202018031001 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.03 Ale P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA