Skripsi
Peran Guru Dalam Mengenalkan Huruf Melalui Media Kartu Huruf Pada Kelompok B1 Tk Pembina Turekisa Kecamatan Golewa Barat Kabupaten Ngada
XMLTujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam mengenalkan
huruf pada anak Kelompok BI menggunakan media kartu huruf di TK Pembina Turekisa
Kecamatan Golewa Barat Kabupaten Ngada. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian
kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak sedangkan metode
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini bahwa kemampuan
mengenal huruf anak di Kelompok BI TK Pembina Turekisa dapat
ditingkatakn melalui media kartu huruf dalam proses pembelajaran walaupun
terdapat beberapa anak yang kemampuan mengenal hurufnya belum
berkembang dengan baik. Oleh karena itu guru memberikan beberapa peran
yang harus dilakukan untuk mengenalkan huruf pada anak, guru melakukan
beberapa peran dalam mengajar seperti gerak sambil beryanyi dan bermain.
Karena dengan bermain dan bernyanyi kemampuan mengenal huruf anak akan
meningkat dan melaluli media kartu huruf anak-anak dapat mengenal berbagai
bentuk dan bunyi huruf atau kata. Selain itu, kartu huruf akan lebih efektif jika
dibandingkan dengan pengenalan huruf yang dilakukan guru dengan menulis di papan tulis.
Kata kunci: peran guru; kartu huruf
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
ROSALINA DHIU - Personal Name
|
Student ID |
1621180018
|
Dosen Pembimbing |
ABDUL SYUKUR - 198011162008121001 - Dosen Pembimbing 1
Vanida Mundiarti - 198003252008122003 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86207
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini,
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
602.07 DHI P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |