Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Kersen (Muntingia calabura L.) Terhadap Hiperkolesterol Pada Mencit Putih(Mus musculus)

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Kersen (Muntingia calabura L.) Terhadap Hiperkolesterol Pada Mencit Putih(Mus musculus)

XML

Latar Belakang: Hiperlipidemia adalah suatu keadaan non fisiologi yang dapat diobati lewat pengobatan tradisional maupun secara medis, secara tradisional, penurunan kolesterol dapat dicapai dengan menggunakan daun kersen (Muntigina Calabura L.) yang mengandung flavonoid, saponin, dan tannin. Penurunan kolesterol bergantung terhadap kualitas tumbuhan yang digunakan. NTT merupakan daerah lahan kering yang memiliki iklim berbeda sehingga perlu dilakukan penelitian mengenai efek daun kersen terhadap hiperkolesterolemia di sana.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada pengaruh pemberian ekstrak daun kersen (Muntingia calabura L.) yang ditanam di daerah lahan kering terhadap hiperkolesterol pada mencit putih (Mus musculus).
Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah true experimental design dengan rancangan penelitian posttest only control group design. Kelompok perlakuan terdiri dari kelompok kontrol negatif, kontrol positif, 3 kelompok perlakuaan yang diberikan makanan tinggi kolesterol dan ekstrak daun kersen dengan dosis 1.5,3,6 (mg/20gBB/hari). Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji beda uji ANOVA, uji post hoc, uji regresi yang pengolahannya menggunakanmSPSS
Hasil : Uji One Way Anova pada variabel, diperoleh hasil p = 0,000 (p<0,05) yang artinya terdapat perbedaan signifikan. Hasil uji post hoc didapatkan perbedaan bermakna (p<0,05) antar kelompok. Pada Uji regresi linier diperoleh bahwa variabel bebas memiliki pengaruh 30.3% terhadap variabel terikat.
Kesimpulan : Ekstrak daun kersen (Muntingia Calabura L). berpengaruh terhadap Penurunan keadaan hiperkolesterolemia pada mencit putih (Mus musculus)
Kata Kunci : Hiperkolesterolemia, muntingia calabura L, ekstrak daun kersen


Detail Information

Item Type
Penulis
Sion Stimiabes Benu - Personal Name
Student ID
1808010074
Dosen Pembimbing
ANITA LIDESNA SHINTA AMAT - 198412052012122003 - Dosen Pembimbing 1
Arley Sadra Telussa - 198507072014041002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Rr. Listyawati Nurina, S.Si, M.Sc,.Apt - 198403142009122005 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
11201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Dokter
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
112.01 Ben P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA