Dampak Minuman Keras Terhadap Moralitas Remaja di Desa Huetalan Kecamatan Tobu Kabupaten Timor Tengah Selatan

Detail Cantuman

Skripsi

Dampak Minuman Keras Terhadap Moralitas Remaja di Desa Huetalan Kecamatan Tobu Kabupaten Timor Tengah Selatan

XML

Tujuan dalam penelitian ini disesuaikan dengan rumusan masalah penelitian yaitu (1) Untuk mendeskripsikan dampak minuman keras terhadap moralitas remaja di Desa Huetalan Kecamatan Tobu Kabupaten Timor Tengah Selatan (2) Untuk mendeskripsikan upaya penanggulangan dari tokoh masyarakat di Desa Huetalan Kecamatan Tobu Kabupaten Timor Tengah Selatan
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu meneliti suatu objek dengan menghimpun, menggambarkan, dan menganalisis data dan fakta serta menarik kesimpulan sesuai dengan tujuan penelitian. Data yang telah dikumpulkan baik data primer maupun data sekunder ysng telsh diperoleh dari lapangsn dalam bentuk kalimat yang jelas sehingga mudah dipahami. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak minuman keras pada kalangan remaja di desa Huetalan memberikan dampak negatif terhadap lingkungan masyarakat karena sikap atau perilaku remaja setelah mengonsumsi minuman keras, seperti berkelahi dengan sesama, memaki orang lain, pajak dijalanan, dan mengganggu anak sekolah. Minuman keras di kalangan remaja juga memberikan dampak bagi remaja yang masih di bangku pendidikan, yaitu remaja tidak memiliki semangat dalam belajar yang membuat prestasi remaja di sekolah menurun sedangkan bagi remaja yang bekerja minuman keras juga memberikan dampak yang negatif bagi remaja karena setelah mengonsumsi minuman keras tubuh dari remaja lemah yang membuat semangat kerja dari remaja menurun. Sehingga ada upaya penanggulangan dari tokoh mayarakat di desa huetalan yaitu dengan memberikan teguran kepada remaja agar tidak mengonsumsi minuman keras sehingga tidak mengganggu kesejahteraan dalam lingkungan masyarakat dan dalam kehidupan sosial dari remaja. Tokoh masyarakat juga memberikan himbauan kepada distributor atau penjual agar tidak dijual kepada remaja sehingga tidak ada perilaku negatif yang merugikan remaja dan sesama dalam lingkungan masyarakat.

Kata Kunci : Minuman Keras, Moralitas Remaja


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1701070111
Dosen Pembimbing
Leonard Lobo - 195912311987021005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
Dorcas Langgar - 195809031986012001 - Penguji 1
Dr. Leonard Lobo,M.Kes - 195912311987021005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraaan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Tan D
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA