PENGGUNAAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER DALAM PEMBELAJARAN TENTANG SISTEM PEMERINTAHAN DESA DAN KECAMATAN UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR SISWA KELAS IV SD INPRES KOBELETE KABUPATEN TTS

Detail Cantuman

Skripsi

PENGGUNAAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER DALAM PEMBELAJARAN TENTANG SISTEM PEMERINTAHAN DESA DAN KECAMATAN UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR SISWA KELAS IV SD INPRES KOBELETE KABUPATEN TTS

XML

Skripsi oleh Fitris Periska Wasti Maubanu, Nim : 1701140188, PGSD 2021 dengan judul “Penggunaan Model Number Head Together Dalam Pembelajaran Tentang Sistem Pemerintahan Desa Dan Kecamatan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres Kobelete Kabupaten Timor Tengah Selatan”. Dengan rumusan masalah penelitian ini adalah: “Bagaimana penggunaan model pembelajaran Number Head Together dalam pembelajaran tentang sistem pemerintahan desa dan kecamatan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Kobelete Kabupaten Timor Tengah Selatan”? Tujuan untuk meningkatkan hasil belajar PPKn siswa dalam pembelajaran tentang sistem pemerintahan desa dan kecamatan menggunakan model pembelajaran Number Head Together di kelas IV SD Inpres Kobelete Kabupaten Timor Tengah Selatan. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni observasi dan tes, teknik analisis data yakni deduktif dan kualitatif dengan subyek 20 orang, laki-laki 10 orang dan perempuan 10 orang.
Penelitian ini diadakan di SD Inpres Kobelete, dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I, dari 20 siswa sebanyak 11 orang (55%) tuntas karena memperhatikan penjelasan guru, menyelesaikan pekerjaan kelompok, tidak mengganggu teman, dapat bermain peran, bisa memasang nomor kepala, mampu menjawab pertanyaan guru, dan melaporkan jawaban kelompok. Selanjutnya yang tidak tuntas 9 orang (45%) tidak tuntas karena tidak memperhatikan penjelasan guru, tidak menyelesaikan pekerjaan kelompok, mengganggu teman, tidak bermain peran, tidak mampu memasang nomor kepala, tidak menjawab pertanyaan guru, dan tidak melaporkan jawaban kelompok. Kekurangan guru belum mampu membimbing siswa 1/1 untuk bermain peran, membentuk kelompok, memberikan motivasi belajar kepada siswa. Selanjutnya pada siklus II, hasil belajar siswa meningkat. Yakni dari 20 siswa, 18 orang (90%) tuntas karena selalu memperhatikan penjelasan guru, menyelesaikan tugas kelompok, mampu bermain peran, memasang nomor kepala dengan benar, tidak mengganggu teman, berani bertanya kepada guru, berani menjawab pertanyaan guru, mengerjakan soal-soal tes. Sedangakan 2 orang (10%) tidak tuntas kerena tidak ada kesadaran untuk mau belajar, tidak memperhatikan penjelasan guru, menggaggu teman, tidak mau berdiskusi dengan kelompok, tidak mau memakai nomor kepala, dan tidak bermain peran. Guru sudah mampun membimbing siswa semua dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat di simpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Number Head Together (NHT) dalam pembelajaran tentang sistem pemerintahan desa dan kecamatan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan kriteria ketuntasan yang di harapkan penulis.

Kata Kunci: Model Number Head Together (NHT), Sisem pemerintahan desa dan kecamtaan, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1701140188
Dosen Pembimbing
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Mau P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA