Skripsi
PENGGUNAAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER DALAM PEMBELAJARAN TENTANG SISTEM PEMERINTAHAN DESA DAN KECAMATAN UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJAR SISWA KELAS IV SD INPRES KOBELETE KABUPATEN TTS
XMLSkripsi oleh Fitris Periska Wasti Maubanu, Nim : 1701140188, PGSD 2021 dengan judul “Penggunaan Model Number Head Together Dalam Pembelajaran Tentang Sistem Pemerintahan Desa Dan Kecamatan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres Kobelete Kabupaten Timor Tengah Selatan”. Dengan rumusan masalah penelitian ini adalah: “Bagaimana penggunaan model pembelajaran Number Head Together dalam pembelajaran tentang sistem pemerintahan desa dan kecamatan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Kobelete Kabupaten Timor Tengah Selatan”? Tujuan untuk meningkatkan hasil belajar PPKn siswa dalam pembelajaran tentang sistem pemerintahan desa dan kecamatan menggunakan model pembelajaran Number Head Together di kelas IV SD Inpres Kobelete Kabupaten Timor Tengah Selatan. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni observasi dan tes, teknik analisis data yakni deduktif dan kualitatif dengan subyek 20 orang, laki-laki 10 orang dan perempuan 10 orang.
Penelitian ini diadakan di SD Inpres Kobelete, dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I, dari 20 siswa sebanyak 11 orang (55%) tuntas karena memperhatikan penjelasan guru, menyelesaikan pekerjaan kelompok, tidak mengganggu teman, dapat bermain peran, bisa memasang nomor kepala, mampu menjawab pertanyaan guru, dan melaporkan jawaban kelompok. Selanjutnya yang tidak tuntas 9 orang (45%) tidak tuntas karena tidak memperhatikan penjelasan guru, tidak menyelesaikan pekerjaan kelompok, mengganggu teman, tidak bermain peran, tidak mampu memasang nomor kepala, tidak menjawab pertanyaan guru, dan tidak melaporkan jawaban kelompok. Kekurangan guru belum mampu membimbing siswa 1/1 untuk bermain peran, membentuk kelompok, memberikan motivasi belajar kepada siswa. Selanjutnya pada siklus II, hasil belajar siswa meningkat. Yakni dari 20 siswa, 18 orang (90%) tuntas karena selalu memperhatikan penjelasan guru, menyelesaikan tugas kelompok, mampu bermain peran, memasang nomor kepala dengan benar, tidak mengganggu teman, berani bertanya kepada guru, berani menjawab pertanyaan guru, mengerjakan soal-soal tes. Sedangakan 2 orang (10%) tidak tuntas kerena tidak ada kesadaran untuk mau belajar, tidak memperhatikan penjelasan guru, menggaggu teman, tidak mau berdiskusi dengan kelompok, tidak mau memakai nomor kepala, dan tidak bermain peran. Guru sudah mampun membimbing siswa semua dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat di simpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Number Head Together (NHT) dalam pembelajaran tentang sistem pemerintahan desa dan kecamatan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan kriteria ketuntasan yang di harapkan penulis.
Kata Kunci: Model Number Head Together (NHT), Sisem pemerintahan desa dan kecamtaan, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
FITRIS PRISKA WASTI MAUBANU - Personal Name
|
Student ID |
1701140188
|
Dosen Pembimbing |
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Mau P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |