JARAK SOSIAL ANTAR ETNIK JAWA DENGAN ROTE PADA MASYARAKAT PERUMAHAN PITOBY (Studi Kasus Di Kelurahan Penkase–Oeleta Kecamatan Alak)

Detail Cantuman

Skripsi

JARAK SOSIAL ANTAR ETNIK JAWA DENGAN ROTE PADA MASYARAKAT PERUMAHAN PITOBY (Studi Kasus Di Kelurahan Penkase–Oeleta Kecamatan Alak)

XML

Penelitian ini berjudul “Jarak Sosial Antara Etnik Jawa dengan Rote di Perumahan Pitoby Penkase-Oeleta” (Studi Kasus Dikelurahan Penkase-Oeleta Kecamatan Alak). Pokok permasalahan: bagaimana jarak sosial di antara etnis Jawa dengan Rote di perumahan Pitoby Kelurahan Penkase-Oeleta yang tidak memiliki kedekatan secara perasaan dan fisik meski bertempat tinggal yang sama dalam satu kompleks perumahan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori jarak sosial dari Emory S. Bogardus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengamati kegiatan-kegiatan dan keadaan masyarakat sejauh mana mereka berdekatan, baik secara fisik maupun secara perasaan di Perumahan Pitoby Kelurahan Penkase-Oeleta Kecamatan Alak. Selain itu pula, dilakukan wawancara mendalam dengan informan terkait jarak sosial antara satu etnik dengan etnik tertentu di Perumahan Pitoby Kelurahan Penkase-Oeleta Kecamatan Alak. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan jarak sosial antara etnik Jawa dengan Rote di perumahan Pitoby Penkase-Oeleta dipengaruhi sikap dan perilaku yang cenderung tertutup dalam ruang sosial terutama diantara etnik Jawa dengan Rote sehingga tidak saling akrab. Selain itu, jarak sosial yang sedang terjadi di perumahan Pitoby dipicu oleh sikap Apatis/tidak peduli, prasangka dan stereotype di antara kedua etnik Jawa dan Rote sebagai penyebab terjadi jarak sosial. Diantara kedua etnik sangat jarang berbaur dan sering konflik yang kecil-kecilan terhadap satu sama lain sehingga memicu perpecahan hubungan bertetangga. Dalam penelitian ini juga memuat hubungan sosial, kekerabatan dan pertemanan sangat rendah dengan presentase 20% dalam bertetangga hanya 10%, sedangkan dalam berpartisipasi hanya 10%.

Kata kunci: Jarak Sosial Antar Etnik Jawa Dengan Rote Pada Masyarakat Perumahan Pitoby Penkase Oeleta Kecamatan Alak.


Detail Information

Item Type
Penulis
TSANIA AVIQ SADEVI - Personal Name
Student ID
1603080010
Dosen Pembimbing
SYAMSURYADI - 195712111989011001 - Dosen Pembimbing 1
LASARUS JEHAMAT - 197805242006041006 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Syamsuryadi - 195712111989011001 - Ketua Penguji
Lasarus Jehamat, S.Sos, MA - 197805242006041006 - Penguji 1
Josep Emanuel Jelahut - 196412241992031003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA