Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Di Kelas IV SD Inpres Fae

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Menggolongkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Di Kelas IV SD Inpres Fae

XML

Tujuan penelitian adalah menguji adanya pengaruh yang signifikan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Hewan Dan Jenis Makanannya di kelas IV SD Inpres Fae. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre Experimental Designs dengan bentuk penelitian One Group Pretest Postest Design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas IV SD Inpres Fae. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes. Teknik pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, teknik obeservasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas tes uji reliabilitas tes, taraf kesukaran dan uji daya pembeda soal. Hasil penelitian meliputi: (1) Hasil perhitungan tes awal (pretest) tingkat hasil belajar siswa tentang materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya di kelas IV Inpres Fae memperoleh nilai rata-rata 47 dengan standar deviasi 11.393 sedangkan tes akhir (Postest) memiliki nilai rata-rata 65 dengan standar deviasi 9.841. Dengan demikian nilai rata-rata Postest lebih besar dari nilai rata-rata Pretest. Hasil pengujian menunjukkan bahwa dari 14 siswa ada 4 siswa berada pada kategori sangat baik dengan persentasi 28%. 8 siswa berada pada kategori baik dengan persentase 58% dan 2 siswa berada pada kategori cukup baik dengan persentase 14%. Di peroleh r hitung > r tabel maka 0.972 > 0.532. di sini dapat diartikan bahwa adanya pengaruh signifikan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar Siswa kelas IV SD Inpres Fae. Kata Kunci. Model Discovery Leraning, Hasil Belajar Siswa


Detail Information

Item Type
Penulis
Susanti Bereplay - Personal Name
Student ID
1601140291
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Sarah Nurhabibah - 199411272019032024 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Sarah Nurhabibah - 199411271019032024 - Penguji 1
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Ber P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA