Skripsi
Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiri Terbimbing Berbasis Tiel Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Amanuban Tengah
XMLTujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar sejarah melalui penerapan strategi belajar Inquiri terbimbing berbasis TIEL pada siswa SMA Negeri 1 Amanuban Tengah. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam 3 siklus penelitian, Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas X IPA SMA N I Amanuban Tengah. Data hasil penelitian berupa data kuantitatif dan data kualitatif yang dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Variabel penelitian ini adalah (I) aktivitas guru, (2) aktivitas siswa, dan (3) hasil belajar Siswa. aktivitas siswa pada pra siklus memperoleh jumlah skor rata-rata 69, aktivitas siswa pada siklus I memperoleh jumlah skor rata-rata 77, dan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh jumlah skor rata-rata 82. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran discover learning dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar berupa sejarah pada siswa kelas X SMA N I Amanuban Tengah. Saran penelitian ini adalah guru sebaiknya membiasakan menerapkan model iquiri terbimbing berbasis TIEL dalam pembelajaran sejarah sebagai upaya untuk meningkatkan basil belajar siswa.
Kata kunci: Belajar, Prestasi Belajar, Model Iquiri Terbimbing Berbasis TIEL, Pembelajaran Sejarah
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
JIBAY LIUNIMA - Personal Name
|
Student ID |
1701090028
|
Dosen Pembimbing |
H. Djakariah - 19966120519911031002 - Dosen Pembimbing 1
Susilo S. Utomo - 19890624201404 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Fransina Aprilyse Ndoen - 198608022014042001 - Ketua Penguji
H. Djakariah - 1966120519911031002 - Penguji 1 Susilo S. Utomo - 1989062420140441001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
PENDIDIKAN SEJARAH
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.01 Liu P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |