Analisis Kesalahan Sintaksis dalam Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 4 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Kesalahan Sintaksis dalam Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 4 Kupang

XML

ABSTRAK
Erlina Joseph, Maria. 2020. Analisis Kesalahan Sintaksis dalam Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 4 Kupang, Skripsi : Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana, Kupang.
Pembimbing I : Prof. Dr. Simon Sabon Ola, M. Hum.
Pembimbing II : Dr. Semuel H. Nitbani, M. Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mendata, menganalisis, dan mendeskripsikan kesalahan sintaksis yang terdapat dalam teks laporan hasil observasi siswa kelas X MIPA SMA Negeri 4. Subjek dari penelitian ini adalah siswa-siswa kelas X MIPA SMA Negeri 4 Kupang. Objek dari penelitian ini yakni frasa serta kalimat yang mengandung unsur kesalahan sintaksis dalam teks laporan hasil observasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa penelitian deskripsi kualitatif, yaitu mendeskripsikan suatu hal mengenai kesalahan penggunaan struktur sintaksis dalam teks laporan hasil observasi siswa kelas X MIPA SMA Negeri 4 Kupang. Untuk menemukan dan mengklasifikasikan frasa serta kalimat yang mengandung unsur kesalahan sintaksis, menggunakan teknik membaca dan mencatat. Instrumen yang digunakan adalah human instrument atau peneliti sendiri dengan bantuan kartu data. Teori yang tercantum dalam penelitian ini adalah teori analisis kesalahan berbahasa yang khusus pada tataran kesalahan sintaksis.
Hasil penelitian kesalahan sintaksis dalam teks laporan hasil observasi siswa kelas X MIPA SMA Negeri 4 Kupang, ditemukan dua bentuk kesalahan penggunaan konstruksi sintaksis. Pertama, kesalahan penggunaan struktur frasa meliputi dua kesalahan, yaitu : kesalahan frasa nomina dan kesalahan frasa verbal. Kedua, kesalahan penggunaan struktur kalimat, yaitu : kalimat tidak logis, penggunaan subjek yang berlebihan, pleonasme, kalimat tidak bersubjek dan tidak berpredikat, diksi yang tidak lengkap dalam membentuk kalimat, susunan kalimat yang tidak koheren, penggunaan konjungsi yang kurang tepat, dan penggunaan pronomina dalam kalimat.
Kata kunci : analisis kesalahan sintaksis, teks laporan hasil observasi


Detail Information

Item Type
Penulis
MARIA ERLINA JOSEPH - Personal Name
Student ID
1601010091
Dosen Pembimbing
Simon Sabon Ola - 196503221992031001 - Dosen Pembimbing 1
SEMUEL HAJAI NITBANI - 196105021989031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Simon Sabon Ola - - Ketua Penguji
Semuel Hajai Nitbani - 196105021989031002 - Penguji 1
Alex Djawa - 196108051993031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
882.01 Jos A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA