Penerapan Model Quantum Learning Teknik Akrostik Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Tenukiik Atambua Kabupaten Belu

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Quantum Learning Teknik Akrostik Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Tenukiik Atambua Kabupaten Belu

XML

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah dengan penerapan model Quantum Learning Teknik Akrostik dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas pada siswa kelas IV SD Inpres Tenukiik Atambua Kabupaten Belu. Metode penelitian yang digunakan yaitu teknik deskripstif kualitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan mencari rata-rata kelas pada subjek penelitian berjumlah 14 orang siswa dengan rincian 4 siswa laki-laki dan 10 siswi perempuan.
Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Tenukiik Atambua, Kabupaten Belu dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa skor pra-siklus dari 14 subjek penelitian yang tuntas 4 orang siswa (28,58%) tuntas karena siswa memperhatikan penjelasan guru dengan baik saat pembelajaran, tidak mengganggu teman yang lain, mampu mengerjakan tes yang diberikan guru, serta dapat menuangkan curahan gagasannya dalam menulis puisi bebas menggunakan kata-kata sendiri dan yang tidak tuntas 10 orang siswa (71,42%) tidak tuntas karena belum mampu mencurahkan gagasannya melalui menulis puisi bebas, belum mampu memilih kosakata dalam menulis puisi, belum mampu berimajinasi dalam menulis puisi serta belum memperhatikan penjelasan guru saat pembelajaran dengan baik. Sedangkan skor siklus I dari 14 subjek yang tuntas berjumlah 9 orang siswa (64,29%) tuntas karena sudah mencapai kriteria-kriteria dalam menulis puisi bebas, yaitu siswa dapat menuliskan puisi sesuai dengan tema yang ditentukan, dapat berimajinasi dengan menggunakan pilihan kata yang tepat, serta menggunakan kata konkret dan bermajas melalui puisi yang dibuat tersebut dengan menggunakan kartu kata dengan tema cita-cita. Dan yang tidak tuntas berjumlah 5 orang (35,71%) tidak tuntas karena belum mencapai kriteria-kriteria dalam menulis puisi bebas yaitu siswa belum dapat berimajinasi dengan pilihan kata yang tepat. Selanjutnya skor siklus II mengalami peningkatan hal ini dibuktikan bahwa dari 14 subjek penelitian yang tuntas 14 orang (100%) tuntas karena sudah mampu menulis puisi bebas sesuai dengan kriteria-kriteria pada keterampilan menulis puisi bebas. Sesuai hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Quantum Learning Teknik Akrostik dapat meningkatkan pendayaan majas, pengimajinasian, penggunaan kata konkret, pemilihan kata yang tepat serta isi puisi disesuaikan dengan tema yang ditentukan dalam menulis puisi bebas pada siswa kelas IV SD Inpres Tenukiik Atambua Kabupaten Belu.
Kata Kunci : Model Quantum Learning Teknik Akrostik, Keterampilan Menulis, dan Puisi Bebas.


Detail Information

Item Type
Penulis
MARIA ALFIONITA KLAU - Personal Name
Student ID
1701140152
Dosen Pembimbing
KARUS MARIA MARGARETA - 196210141990032001 - Dosen Pembimbing 1
Sarah Nurhabibah - 199411272019032024 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Ketua Penguji
Sarah Nurhabibah - 199411271019032024 - Penguji 1
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Kla P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA