Skripsi
Penerapan Model Quantum Learning Teknik Akrostik Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Tenukiik Atambua Kabupaten Belu
XMLTujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah dengan penerapan model Quantum Learning Teknik Akrostik dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas pada siswa kelas IV SD Inpres Tenukiik Atambua Kabupaten Belu. Metode penelitian yang digunakan yaitu teknik deskripstif kualitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan mencari rata-rata kelas pada subjek penelitian berjumlah 14 orang siswa dengan rincian 4 siswa laki-laki dan 10 siswi perempuan.
Penelitian ini dilakukan di SD Inpres Tenukiik Atambua, Kabupaten Belu dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa skor pra-siklus dari 14 subjek penelitian yang tuntas 4 orang siswa (28,58%) tuntas karena siswa memperhatikan penjelasan guru dengan baik saat pembelajaran, tidak mengganggu teman yang lain, mampu mengerjakan tes yang diberikan guru, serta dapat menuangkan curahan gagasannya dalam menulis puisi bebas menggunakan kata-kata sendiri dan yang tidak tuntas 10 orang siswa (71,42%) tidak tuntas karena belum mampu mencurahkan gagasannya melalui menulis puisi bebas, belum mampu memilih kosakata dalam menulis puisi, belum mampu berimajinasi dalam menulis puisi serta belum memperhatikan penjelasan guru saat pembelajaran dengan baik. Sedangkan skor siklus I dari 14 subjek yang tuntas berjumlah 9 orang siswa (64,29%) tuntas karena sudah mencapai kriteria-kriteria dalam menulis puisi bebas, yaitu siswa dapat menuliskan puisi sesuai dengan tema yang ditentukan, dapat berimajinasi dengan menggunakan pilihan kata yang tepat, serta menggunakan kata konkret dan bermajas melalui puisi yang dibuat tersebut dengan menggunakan kartu kata dengan tema cita-cita. Dan yang tidak tuntas berjumlah 5 orang (35,71%) tidak tuntas karena belum mencapai kriteria-kriteria dalam menulis puisi bebas yaitu siswa belum dapat berimajinasi dengan pilihan kata yang tepat. Selanjutnya skor siklus II mengalami peningkatan hal ini dibuktikan bahwa dari 14 subjek penelitian yang tuntas 14 orang (100%) tuntas karena sudah mampu menulis puisi bebas sesuai dengan kriteria-kriteria pada keterampilan menulis puisi bebas. Sesuai hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Quantum Learning Teknik Akrostik dapat meningkatkan pendayaan majas, pengimajinasian, penggunaan kata konkret, pemilihan kata yang tepat serta isi puisi disesuaikan dengan tema yang ditentukan dalam menulis puisi bebas pada siswa kelas IV SD Inpres Tenukiik Atambua Kabupaten Belu.
Kata Kunci : Model Quantum Learning Teknik Akrostik, Keterampilan Menulis, dan Puisi Bebas.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
MARIA ALFIONITA KLAU - Personal Name
|
Student ID |
1701140152
|
Dosen Pembimbing |
KARUS MARIA MARGARETA - 196210141990032001 - Dosen Pembimbing 1
Sarah Nurhabibah - 199411272019032024 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Ketua Penguji
Sarah Nurhabibah - 199411271019032024 - Penguji 1 SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Kla P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |