Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Prestasi Belajar Dalam Pembelajaran Tentang Tema 2 Subtema 1 Bermain Di Lingkungan Rumah Pada Kelas II Di SD Negeri Taeltob Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Prestasi Belajar Dalam Pembelajaran Tentang Tema 2 Subtema 1 Bermain Di Lingkungan Rumah Pada Kelas II Di SD Negeri Taeltob Kabupaten Kupang

XML

Skripsi oleh Monivanty Yobrina Selay, Nim 1601140219 (2022) dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Prestasi Belajar Dalam Pembelajaran Tentang Tema 2 Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah Pada Kelas II Di SD Negeri Taeltob Kabupaten Kupang”. Masalah penelitian ini yakni: Bagaimana prestasi belajar siswa SD Negeri Taeltob Kabupaten Kupang? dan apakah ada pengaruh yang signifikan terhadap model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap prestasi belajar pada tema 2 subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah pada kelas II di SD Negeri Taeltob Kabupaten Kupang? dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara model Contextual Teaching and Learning terhadap prestasi belajar peserta didik pada tema 2 subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah kelas II di SD Negeri Taeltob Kabupaten Kupang dan untuk menguji tentang pengaruh model Contextual Teaching and Learning terhadap prestasi belajar peserta didik pada tema 2 subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah kelas II di SD Negeri Taeltob Kabupaten Kupang. metode penelitian yang digunakan yakni deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan tes. Jumlah responden yakni 9 orang siswa dengan rincian 6 laki-laki dan 3 perempuan. Teknik analisis datanya menggunakan Analisis data deskriptif kualitatif, Analisis data deskriptif kuantitatif, Analisis data inferensial.
Penelitian ini diadakan di SD Negeri Taeltob Kabupaten Kupang dengan hasil penelitian, diperoleh bahwa siswa kelas II SD Negeri Taeltob Kabupaten Kupang dari 9 siswa yang mengikuti tes akhir, dengan tes prestasi belajar siswa memberikan predikat yang baik sebesar 76,44% dan hasil analisis data diperoleh nilai signifikan = 0,000. Sedangkan thitung = 14,000 dengan dk =n – 1, diperoleh dk = 29 dengan taraf signifikansi a = 0,05 diperoleh nilai ttabel = 2,045. Sig.(2-tailed) = 0,000< thitung = 8,528 > ttabel = 2,045. Hal ini berarti model pembelajaran Contextual Teaching and Learning memberi pengaruh terhadap prestasi belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Contextual teaching and Learning terhadap prestasi belajar siswa kelas II pada pokok bahasan tema 2 subtema I Bermain di Lingkungan Rumah di SD Negeri Taeltob Kabupaten Kupang.

Kata Kunci : Model pembelajaran (CTL), Bermain di lingkungan rumah, Prestasi belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Monivanty Yobrina Selay - Personal Name
Student ID
1601140219
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Drs. Gaspar Melo, S.Pd - 19560624 198703 1 002 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 1
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 SEL P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA