Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Tentang Materi Keputusan Bersama Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V di SDI Tarus 2

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Tentang Materi Keputusan Bersama Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V di SDI Tarus 2

XML

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui: 1) penggunaan model Role Playing pada mata pelajaran PKn, 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn, 3) Pengaruh yang signifikan antara model Role Playing terhadap hasil belajar PKn. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Inpres Tarus 2. Sampel ditentukan melalui teknik Total Samling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh kelas V-B sebagai kelas eksperimen (dengan metode Role Playing) dan kelas V-A sebagai kelas kontrol (dengan pembelajaran konvensional). Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil belajar PKn yang dikumpulkan melalui tes Objektif pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Temuan penelitian ini sebagai berikut: 1) penggunaan model Role Playing pada proses pembelajaran PKn dengan cara siswa bermain peran yang sudah ditentukan oleh guru topik/dialog/naskah untuk dipecahkan bersama oleh siswa. Pada pelaksanaan yang menggunakan model Role Playing, siswa melakukan kerja sama untuk memainkan peranan masing-masing. Setelah itu masing-masing kelompok yang menjadi penonton mempersentasekan kesimpulannya. 2) Hasil belajar siswa mata pelajaran PKn kelas V di SD Inpres Tarus 2 pada kelas eksperimen (V-B) yang diberi perlakuan yang menggunakan model Role Playing memperoleh nilai rata-rata post-test = 83,50 sedangkan kelas kontrol (V-A) dengan menggunakan model ceramah dan media buku paket pembelajaran PKn diperoleh rata-rata post test 61,50. Berdasarkan hasil rata-rata post test bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Role Playing memiliki hasil belajar yang lebih baik, 3) Berdasarkan uji statistik t pada data post test bahwa diperoleh hasil yang signifikan pada hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 0,048 > 0.013 (n=38) dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan terima Ha dan tolak Ho. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Role Playing berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V di SD Inpres Tarus 2 Kabupaten Kupang.


Detail Information

Item Type
Penulis
NIKE YANDINI BENU - Personal Name
Student ID
1701140169
Dosen Pembimbing
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
B Kasa - 195706141984031001 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1
Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Ben P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA