Tinjauan Yuridis Hak Keperdataan Pembuatan Perjanjian bagi Penyandang Disabilitas Tunanetra

Detail Cantuman

Skripsi

Tinjauan Yuridis Hak Keperdataan Pembuatan Perjanjian bagi Penyandang Disabilitas Tunanetra

XML

Semua subjek hukum memiliki hak untuk melakukan suatu perjanjian, dalam melakukan perjanjian perlu memenuhi syarat sah nya perjanjian yang diatur dalam Pasal 1320 KUHPerdata, Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembuatan perjanjian bagi penyandang disabilitas tunanetra selama dan setelah berada di UPTD Kesejahteraan Sosial Tunanetra Dan Karya Wanita, untuk mengetahui dan memahami pemenuhan terhadap hak-hak keperdataan penyandang disabilitas tunanetra dalam perjanjian di UPTD Kesejahteraan Sosial Tunanetra Dan Karya Wanita.
Penelitian ini dilakukan di UPTD Kesejahteraan Sosial Tunanetra Dan Karya Wanita Kupang.Sampel yang digunakan sebanyak 22 responden. Data dikumpulkan menggunakan wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengolahan data melalui proses tabulasi, editing, coding, dan verivikasi kemudian data dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa UPTD Kesejahteraan Sosial Tunantra Dan Karya Wanita Kupang dalam pemenuhan hak keperdataan penyandang disabilitas tunanetra saat melaksanakan proses perjanjian dan pengesahan perjanjian dengan pihak penyandang disabilitas tunanetra masih belum memenuhi secara maksimal hak keperdataan penyandang disabilitas tunanetra. Walaupun beberapa penyandang disabilitas tunanetra telah secara mandiri melakukan perjanjian namun dalam pengesahan surat pernyataan tidak dibacakan oleh pihak panti Tunanetra Hit Bia Kupang dan masih kurangnya pemenuhan hak keperdataan penyandang disbilitas tunanetra terhadap pemahaman atau pengetahuan penyandang disabilitas tunanetra tentang tata tertib, hak dan kewajiban mereka pada saat proses melakukan perjanjian.Namun penyandang disabilitas tunanetra sebagai penerima manfaat selama megikuti program rehabilitasi setelah melakukan perjanjian, sebagian besar telah terpenuhi hak-haknya.
Kata Kunci : Hak Keperdataan, Penyandang Disabilitas Tunanetra, Perjanjian.


Detail Information

Item Type
Penulis
MARIA ANGELINA LADO - Personal Name
Student ID
1702010003
Dosen Pembimbing
SUKARDAN ALOYSIUS - 195909061986011001 - Dosen Pembimbing 1
HUSNI KUSUMA DINATA - 197409142005011002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Sukardan Aloysius - 195909061986011001 - Penguji 1
Husni Kusuma Dinata - 197409142005011002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
742.01 Lad T
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA