Penggunaan Media Rumsica Dalam Pembelajaran Ipa Tentang Sifat-Sifat Cahaya Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd Inpres Mnelalete Kabupaten TTS

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Media Rumsica Dalam Pembelajaran Ipa Tentang Sifat-Sifat Cahaya Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd Inpres Mnelalete Kabupaten TTS

XML

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media RUMSICA pada pembelajaran IPA tentang sifat-sifat cahaya. Penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Inpres Mnelalete dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Hasil belajar yang dinilai adalah ranah kognitif dengan mengambil nilai tes (evaluasi) dan ranah psikomotor berupa aktifitas siswa yang diukur berdasarkan hasil observasi meliputi kegiatan lisan yaitu siswa mengajukan pendapat, berdiskusi, dan atau bertanya, kegiatan mende-ngarkan yaitu mendengarkan penjelasan guru presentasi kelompok, kegiatan menulis yaitu mencatat kesimpulan dari percobaan, menulis laporan hasil percobaan, menulis rangkuman materi, dan mengerjakan soal evaluasi, kegiatan metrik yaitu kesiapan mengikuti pembelajaran, membentuk kelompok dan melakukan percobaan, kegiatan mental dan emosional yaitu keberanian siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar (kognitif) pada pembelajaran IPA tentang sifat-sifat cahaya dengan menggunakan media Rumsica. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai siswa pada siklus I sebesar 67,2 dan 80 pada siklus II. Pencapaian ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan, yaitu 56% pada siklus I dan 88% pada siklus II. Data observasi aktivitas siswa pun menunjukkan peningkatan dengan penggunaan media pembelajaran Rumsica, rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 54,66% dan 76,16% pada siklus II.

Kata Kunci: Media Rumsica, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Metriani Otu - Personal Name
Student ID
1701140078
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.02 Met P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA