Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SDK Sekon Kecematan Insana Kabupaten Timor Tengah Utara

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SDK Sekon Kecematan Insana Kabupaten Timor Tengah Utara

XML

Penelitian yang digunakan penulis menggunakan metodeex- post facto. Ex- post facto merupakan suatu penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi dan kemudian melihat kembali kebelakang untuk mengetahui factor- factor yang menimbulkan kejadian tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif.Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu : Angket dan dokumentasi. Penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa kelas IV SDK Sekon yang terdiri dari tiga kelas berjumlah 110 siswa kemudian di ambil sampel menggunakan rumus slovin menjadi 40 siswa.Penelitian menggunakan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai variabel terikat dan lingkungan keluarga sebagai variabel bebas.
Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga (X) terhadap hasil belajar (Y).Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan statistik menggunakan aplikasi SPSSVersi 16 for windows dengan pengambilan keputusan uji normalitas yaitu nilai asymp. Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,952 > 0,05. Selanjutnya untuk mengetahui apakah data memiliki variansi yang sama atau homogen menggunakan uji homogenitas diketahui nilai sig. sebesar 0,622 > 0,05. Sedangkan uji hipotesis menggunakan rumusregresi linear sederhana Y= a + bx yang diperoleh hasil lingkungan keluarga (X) hitung berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dengan persamaan Y= -7.617 + 0.171 X . Nilai rhitung sebesar 12,869 apabila dibandingkan dengan nilai r tabel 2,026. Maka nilai r hitung > r tabel, . Sedangkan berdasarkan hasil F (simultan) di atas diketahui bahwa nilai Fhitung sebesar 165,622, dan Ftabel pada kolom df 1;38 adalah sebesar 4,10. Artinya Fhitung > F tabel dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, selanjutnya untuk dapat mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat menggunakan uji koefisien determinasi. Hasil pengujian koefisien determinasi, diketahui bahwa nilai R sebesar 0,902, artinya termasuk dalam kategori sangat kuat.Sedangkan nilai Rsquare sebesar 0,813.Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga (X) terhadap hasil belajar PKn (Y). Dibuktikan dengan nilaiSig. sebesar 0,000<0,05 dan Rhitung (12,869) > Rtabel (2,026).
Kata Kunci: Lingkungan keluarga, Hasil belajar PKn


Detail Information

Item Type
Penulis
YOVITA VERIDIANA SAKO - Personal Name
Student ID
1701140043
Dosen Pembimbing
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 1
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Ketua Penguji
Maxsel Koro - 199011182019031007 - Penguji 1
B Kasa - 195706141984031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Sak P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA