Skripsi
Penerapan Pendekatan Pembelajaran Saintifik Pada Tema 6 Subtema 2 Pembelajaran Tentang Kalor Dan Perpindahannya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SDK Tafuli Kab. Malaka
XMLPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang kalor dan perpindahannya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, dengan mengambil lokasi di kelas V. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas V yang berjumlah 14 orang, dengan rincian 13 orang laki-laki dan 3 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata kelas 67,61 meningkat menjadi 83,80 pada siklus II, dengan peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II 16,19. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I 64,29% meningkat menjadi 100% pada siklus II, dengan peningkatan persentase 31,81%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I 50,83 menjadi 85 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 34,17, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran saintifik dalam pembelajaran tentang kalor dan perpindahannya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDK Tafuli. Kata Kunci: Penerapan Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar, Kalor dan Perpindahannya.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Mada Kristina Linome - Personal Name
|
Student ID |
1701140049
|
Dosen Pembimbing |
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
Netty E.A. Nawa - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1 Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Lin P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |