Skripsi
Penggunaan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Membiasakan Hidup Bergotong Royong Di Kelas II SD GMIT Baob Kec. Polen Kab.TTS (Penelitian Tindakan Kelas)
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa tentang Membiasakan hidup bergotong royong melalui metode Tutor Sebaya di kelas II SD GMIT Baob. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan desain penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, yang dilakukan dengan dua siklus penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dan observasi. Data-data penelitian dengan metode deskripsi kualitatif. Subjek penelitian ini adalah para siswa kelas II SD GMIT Baob dengan jumlah sebanyak 15 orang, yang terdiri atas: 7 orang Laki-laki dan 8 orang perempuan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunakan Metode pembelajaran Tutor Sebaya dalam pembelajaran PKn tentang Menbiasakan hidup bergotong royong terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dimana terjadi peningkatan jumlah rata-rata dan persentase siswa yang mampu mencapai nilai ketuntasan minimal dari siklus I sebanyak 7 orang siswa dengan rata-rata 6,2 dan presentase 51,61%, menjadi 13 orang siswa dengan rata-rata 86,6 dan presentase 86,66% pada siklus II. Oleh karena itu disarankan kepada guru, agar dapat mengembangkan pembelajaran dengan menggunakan Meode pembelajaran Tutor Sebaya agar siswa tidak jenuh dan lebih aktif dalam menemukan sendiri suatu pengetahuan dengan bimbingan guru.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Gotong Royong , Tutor Sebaya
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Dodi Yurs Nitbani - Personal Name
|
Student ID |
1401140039
|
Dosen Pembimbing |
PAULINA RIWU GAH - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
B Kasa - 195706141984031001 - Ketua Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Penguji 1 Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Nit P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |