PENGARUH MODEL OPEN ENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN MENGGUNAKAN APLIKASI CORELDRAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 6 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH MODEL OPEN ENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN MENGGUNAKAN APLIKASI CORELDRAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 6 KUPANG

XML

ABSTRAK
PENGARUH MODEL OPEN ENDED LEARNING PADA MATA
PELAJARAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN MENGGUNAKAN
APLIKASI CORELDRAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
SISWAKELAS XI MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 6 KUPANG
Jesika Yislia Sakbana* Dr. Yetursance Y. Manafe, ST., MT ** Zet Y. Baitanu ***
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh model pembelajaran
Open Ended dengan menggunakan aplikasi Coreldraw terhadap Kemampuan Berpikir
Kritis siswa siswi pada mata pelajaran Desain Grafis Percetakan di kelas XI
Multimedia 2 SMK Negeri 6 Kupang. 2) Seberapa besar pengaruh model
pembelajaran Open Ended dengan menggunakan aplikasi Coreldraw terhadap
Kemampuan Berpikir Kritis siswa pada mata pelajaran Desain Grafis Percetakan di
kelas XI Multimedia 2 SMK Negeri 6 Kupang.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil analisis
regresi sederhana diperoleh persamaan Y= 46,400+0,532x menunjukan bahwa ada
pengaruh antara model pembelajaran open ended terhadap kemampuan berpikir siswa
pada mata pelajaran desain grafis percetakan kelas XI Multimedia 2 SMK Negeri 6
Kupang. (2) Berdasarkan nilai koefisien determinasi (Rsquere) sebesar 0,205 atau
20,5% dan hasil uji taraf signifikansi menunjukan bahwa thitung memiliki nilai sebesar
2,689, sedangkan ttabel 2,048. Oleh karena thitung>ttabel (2,689>2,048) maka dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran open ended memiliki pengaruh yang signifikansi
terhadap kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran desain grafis percetakan
kelas XI Multimedia 2 SMK Negeri 6 Kupang.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Open Ended Learning, Berpikir Kritis,
aplikasi Coreldraw, Desain Grafis Percetakan


Detail Information

Item Type
Penulis
JESIKA YISLIA SAKBANA - Personal Name
Student ID
1601130071
Dosen Pembimbing
YETURSANCE YULSIANA MANAFE - 197906262005012003 - Dosen Pembimbing 1
ZET YULIUS BAITANU - 197703232005011001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
RENOLD H. MODOK - 9908419491 - Ketua Penguji
Yetursance Yulsiana Manafe - 197906262005012003 - Penguji 1
Zet Yulius Baitanu - 197703232005011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
83201
Edisi
Published
Departement
PENDIDIKAN ELEKTRO
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.01 SAK P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA