Efektifitas Edukasi Kesehatan Gigi Secara Online Terhadap Perubahan Perilaku Ibu Dalam Pencegahan Karies Gigi Anak Usia Prasekolah

Detail Cantuman

Tesis

Efektifitas Edukasi Kesehatan Gigi Secara Online Terhadap Perubahan Perilaku Ibu Dalam Pencegahan Karies Gigi Anak Usia Prasekolah

XML

Latar belakang : Kesehatan mulut anak merupakan komponen integral dari kesehatan dan dapat sebagai penentu kualitas hidup anak. Ibu memiliki peran dalam mengajarkan kebersihan mulut, kebiasaan makan, dan praktik menjaga kesehatan lainnya kepada anak sejak usia dini. Pencarian edukasi didominasi oleh penggunaan internet, tren ini dimanfaatkan untuk penyampaian informasi kesehatan, media WhatsApp penggunaan tertinggi dan sering digunakan dalam durasi lama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektifitas media modul, audiovisual dan poster dalam merubah pengetahuan, sikap dan tindakan ibu dalam pencegahan karies gigi anak usia prasekolah melalui media WhatsApp.
Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental pre test and post test design. Populasi penelitian ini adalah ibu anak-anak PAUD Melati Liliba, TK Tunas Harapan Liliba dan TK Rosa Mystica Liliba Kota Kupang dengan jumlah sampel penelitian 73 dan diintervensi menggunakan modul, Video edukasi, dan poster. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik multistage sampling.
Hasil Pada penelitian ini didapatkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode edukasi kesehatan gigi secara online menggunakan modul, poster dan audiovisual dalam merubah pengetahuan, sikap dan tindakan ibu dalam pencegahan karies gigi anak usia prasekolah (p<0,001). Penggunaan media audiovisual dan modul lebih efektif dalam peningkatan perilaku (pengetahuan, sikap dan tindakan) ibu dalam pencegahan karies gigi anak usia prasekolah.
Kesimpulan : Edukasi kesehatan gigi secara online dengan media audiovisual, modul dan poster efektif dalam meningkatkan pengetahuan, sikap dan tindakan ibu dalam pencegahan karies gigi anak, namun media audiovisual dan modul lebih efektif dibandingkan dengan media poster.


Kata Kunci : Edukasi kesehatan gigi, perubahan perilaku ibu


Detail Information

Item Type
Tesis
Penulis
Student ID
1911080011
Dosen Pembimbing
Penguji
Maxs U.E. Sanam - - Penguji 1
Dr. Luh Putu Ruliati, SKM.,M.Kes - 197105151994032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
13101
Edisi
Submitted
Departement
Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit : Kupang.,
Edisi
Submitted
Subyek
No Panggil
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA