Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar IPA Tentang Pengelompokkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya di Siswa Kelas V SD GMIT Oeltua Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar IPA Tentang Pengelompokkan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya di Siswa Kelas V SD GMIT Oeltua Kabupaten Kupang

XML

Masalah dalam Penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan dari metode role playing terhadap hasil belajar IPA tentang pengelompokkan hewan berdasarkan jenis makanannya di siswa kelas V SD Gmit Oeltua Kab. Kupang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan bentuk desain penelitian Nonequivalent Control Group . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD GMIT Oeltua yang berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik dan instrumen pengumpulan data: 1) Tes. Instrumen penelitian yaitu tes berupa pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan, terlebih dahulu digunakan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis yang akan digunakan untuk uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode role playing terhadap Hasil Belajar IPA. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada pembelajaran dengan metode role playing 80,25 lebih tinggi daripada persentasi nilai siswa yang mencapai KKM pada pembelajaran dengan model konvensional yang hanya mencapai 71.75. Pengujian hipotesis dengan bantuan Ms. Excel 16 dilakukan dengan uji t atau student t test. Berdasarkan data diperoleh nilai signifikansi 3.13 > 2.02. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan variabel akhir. Ini menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing-masing variabel. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model konvensional dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan Metode Role Playing. Kata Kunci : Role Playing, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Ardon Oren Mauleti - Personal Name
Student ID
1601140262
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1
Fembriani - 199202132018032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Mau P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA