PENERAPAN MODEL JIGSAW BERBANTUAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN TENTANG SIFAT SIFAT CAHAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD INPRES NOELBAKI KABUPATEN KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

PENERAPAN MODEL JIGSAW BERBANTUAN METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN TENTANG SIFAT SIFAT CAHAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD INPRES NOELBAKI KABUPATEN KUPANG

XML

Skripsi oleh Anggamarsi R. Kebkole, dengan judul “Penerapan Model Jigsaw Berbantuan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Tentang Sifat-sifat Cahaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IVC SD Inpres Noelbaki Kabupaten Kupang”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana menerapkan model jigsaw berbantuan metode eksperimen pada pembelajaran tentang sifat-sifat cahaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVC SD Inpres Noelbaki kabupaten Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model jigsaw berbantuan metode eksperimen pada pembelajaran IPA tentang sifat-sifat cahaya di kelas IVC SD Inpres Noelbaki Kabupaten Kupang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan mengambil lokasi di SD Inpres Noelbaki Kabupaten Kupang. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswa kelas IVC yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan secara observasi dan tes. Data yang dikumpulkan diolah dan dianalisis menggunakan rumus teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian pada siklus I observasi terhadap aktivitas guru jumlah skor yang diperoleh adalah 40 dengan nilai 76,93 dan mendapat kriteria baik (B) sedangkan pada siklus II skor yang diperoleh dari observasi aktivitas guru adalah 46 dengan nilai 88 dan mendapat kriteria sangat baik (SB), peningkatan aktivitas guru dari siklus I ke siklus II adalah 11,07. Pada observasi terhadap aktivitas siswa siklus I jumlah nilai yang diperoleh adalah 1540,69 dengan nilai rata-rata 64,2 sedangkan pada siklu II jumlah nilai yang diperoleh 1990,67 dengan nilai rata-rata 84,29. Hasil tes belajar siswa pada siklus I jumlah skor yang diperoleh 1560, nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 65 dengan presentase 66,67% dimana 8 siswa belum mencapai kriteria ketuntasan dan 16 siswa telah mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan, pada siklus II jumlah skor yang diperoleh 1950 nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 81,25 dengan presentasenya 100% dimana seluruh siswa telah mencapai ketuntasan dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 70. Presentase yang didapat dari siklus I ke siklus II yaitu 33,33%, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model jigsaw berbantuan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVC SD Inpres Noelbaki .
Kata kunci: Model Jigsaw, Metode Eksperimen, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
ANGGAMARSI R. KEBKOLE - Personal Name
Student ID
1701140113
Dosen Pembimbing
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Keb P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA