Analisis Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari (Teori Psikoanalisis Sigmund Freud)

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari (Teori Psikoanalisis Sigmund Freud)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepribadian tokoh utama dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari. Penelitian ini menggunakan teori psikoanalisa Sigmund Freud yang meliputi Id, Egodan Super Ego. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah membaca kembali data yang sudah diuji keabsahannya, menganalisis dan menginterpretasikan data tokoh utama yang berhubungan dengan psikologi atau kepribadian tokoh utama dan membuat simpulan berdasarkan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat 28 paragraf yang eksplisit menunjukkan peran aspek kepribadian tokoh Rasus; (2) Dari 28 paragraf itu, terdapat adanya tingkatan peran Id, Ego, dan Super Ego yang berbeda-beda, yakni (a) terdapat 8 paragraf yang menunjukkan dominasi Id, 5 paragraf menunjukkan dominasi Ego, dan 15 paragraf menunjukkan dominasi Super Ego; (3) Peran Super Ego yang dominan menunjukkan bahwa Rasus merupakan tokoh protagonis melalui (a) sikapnya yang taat pada nilai-nilai budaya, spiritual, dan pada atasannya; (b) mengalah agar tidak timbul konflik dan korban; (c) cinta tanah air (patriotik) melalui perasaannya terhadap kampungnya; (d) memiliki tanggung jawab moral yang tinggi terhadap kehidupan melalui tokoh Srintil. Kata kunci :kepribadian, tokohutama, nove


Detail Information

Item Type
Penulis
Ednas R. E. Damania - Personal Name
Student ID
1601010075
Dosen Pembimbing
SEMUEL HAJAI NITBANI - 196105021989031002 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Simon Sabon Ola - - Ketua Penguji
I Nyoman Reteq - 196001081986011002 - Penguji 1
Semuel Hajai Nitbani - 196105021989031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa dan Sastra
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
882.01 Dam A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA