Aspek Keterampilan Berbahasa Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Detail Cantuman

Skripsi

Aspek Keterampilan Berbahasa Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek keterampilan berbahasa dalam buku teks Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII kurikulum
2013 edisis revisi 2017. Adapun aspek keterampilan berbahasa yang akan dideskripsikan, yaitu aspek menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Aspekaspek ini akan dianalisis menggunakan teori kualitas buku teks Greene dan Petty aspek relevan dengan kurikulum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks Bahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII kurikulum 2013 edisis revisi 2017. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara membaca pada tingkat simbolik, mencatat secara paraphrase, dan mengumpulkan data yangtelah ditemukan ke dalam kartu koding. Hasil dari penelitian ini menunjukan
Aspek Keterampilan Berbahasa dalam Buku Teks Bahasa Indonesia SMP/Mts Kelas VII Kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud RI dapat dikatakan berkualitas baik yang dideskripsikan melalui penilaian kualitas buku teks Greene dan Petty aspek relevan dengan kurikulum. Secara keseluruhan 4 aspek keterampilan berbahasa yang terdapat pada 8 bab dalam buku ini dapat dikatakan lengkap dan sesuai dengan rumusan KD dan IPK pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMP/MTs kurikulum 2013. Kegiatan yang disajikan telah menunjang keempat
aspek keterampilan berbahasa. Kegiatan menyimak, siswa mendengarkan pengantar dari guru dan menyanyikan lagu. Kegiatan berbicara, siswa melakukan kegiata diskusi, presentasi, memberi komentar pada karya siswa lain, dan memerankan fabel. Kegiatan membaca, siswa membaca contoh teks agar memperoleh pengetahuan tentang teks yang dipelajari sebagai bekal membuat teks secara mandiri. Kegiatan menulis, siswa menulis teks secara mandiri dengan memperhatikan ciri, struktur dan penggunaan bahasa dalam teks tersebut. Kegiatan-kegiatan yang disajikan dikemas dengan sangat menarik dan produktif. Cara penyajian buku secara induktif dan berbasis tugas. Siswa diarahkan untuk
bisa menemukan dan berpikir tingkat tinggi.
Kata kunci: keterampilan berbahasa, buku teks, bahasa Indonesia, kualitas buku teks Greene dan Petty


Detail Information

Item Type
Penulis
MAGDALENA RENDUT - Personal Name
Student ID
1701010029
Dosen Pembimbing
FIRMINA A NAI - 196011171987022001 - Dosen Pembimbing 1
MARGARET PULA ELISABETH DJOKAHO - 198103012008122002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Firmina A Nai - 196011171987022001 - Ketua Penguji
Margaret Pula Elisabeth Djokaho - 198103012008122002 - Penguji 1
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa Dan Sastra indonesia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
882.01 REN A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA