ANALISIS PERAN KREDIT USAHA RAKYAT TERHADAP PENDAPATAN USAHA KECIL SEKTOR PERDAGANGAN DI KOTA KUPANG (Studi Pada Nasabah Bank Rakyat Indonesia Unit Oepura, Kota Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

ANALISIS PERAN KREDIT USAHA RAKYAT TERHADAP PENDAPATAN USAHA KECIL SEKTOR PERDAGANGAN DI KOTA KUPANG (Studi Pada Nasabah Bank Rakyat Indonesia Unit Oepura, Kota Kupang)

XML

ABSTRAK Analisis Peran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Terhadap Pendapatan Usaha Kecil Sektor Perdagangan di Kota Kupang (Studi Pada Nasabah Bank Rakyat Indonesia Unit Oepura, Kota Kupang) Oleh Wiliam Krisantus Ola (1610010033)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran KUR terhadap pendapatan usaha kecil sektor perdagangan Di Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) KUR cukup berperan aktif dalam mengembangkan usaha kecil sektor perdagangan di Kota Kupang. Hal ini dapat dilihat dari segi permodalan yang disalurkan Bank BRI Unit Oepura kepada nasabah pemilik usaha kecil yang feasible namun belum bankable. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya realisasi dana KUR yang cukup besar dengan total penyaluran dana sebesar 229 juta kepada 9 nasabah pemilik usaha kecil yang standar kelayakan usahanya telah memenuhi kriteria perbankan. (2) Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan nasabah pemilik usaha kecil maka secara garis besar dapat dikatakan bahwa walaupun masih kurangnya efektivitas ketepatan penggunaan dana KUR, pemanfaatan dana KUR oleh nasabah cukup signifikan dalam meningkatkan pendapatan usaha. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat total pendapatan usaha kecil selama menggunakan dana KUR serta hasil dari pemanfaatan dana KUR oleh nasabah yang bukan saja dapat mengembangkan usaha, namun juga dapat membuka lapangan pekerjaan baru.

Kata Kunci: Kredit Usaha Rakyat, KUR, Peran KUR, Pendapatan dan Usaha kecil


Detail Information

Item Type
Penulis
WILLIAM KRISANTUS OLA - Personal Name
Student ID
1 6 1 0 0 1 0 0 3 3
Dosen Pembimbing
Maria Indriyani Hewe Tiwu - 198508202019032008 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fransina W Ballo - 198005032006042002 - Ketua Penguji
Maria Indriyani Hewe Tiwu - - Penguji 1
Marselina Ratu - 197903262008122004 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
60201
Edisi
Published
Departement
Ekonomi Pembangunan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
602.01 OLA A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA