Analisis Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Mind Map Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Mind Map Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA

XML

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan Model Pembelajaran Inkuiri berbantuan Mind Map dalam meningkatkan kempuan berpikir kritis siswa SMA. Jenis penelitian ini menggunakan kajian pustaka atau studi literatur. Pada penelitian ini ingin mengkaji tentang krakteristik dari Model Pembelajaran Inkuiri, sintaks Model Pembelajaran Inkuiri berbantuan Mind Map terhadap indikator kemampuan berpikir kritis siswa SMA, dan bagaimana pengaruh penerapan Model Pembelajaran Inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Model Pembelajaran Inkuiri merupakan model pembelajaran yang mengikut sertakan siswa dalam mengajukan pertanyaan, mencari informasi, dan melakukan penyelidikan. Model Pembelajaran Inkuiri dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menempatkan peserta didik berperan secara aktif dalam proses pembelajaran yang dihadapkan dengan situasi permasalahan dalam kehidupan sehari-hari (illstructured). Mind Map dapat membantu siswa mencatat yang kreatif, efektif, dan secara harfiah akan memetakan pikiran sehingga siswa mudah untuk menempatkan informasi ke dalam otak dan mengambil informasi ke luar dari otak. Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan siswa dalam menyimpulkan apa yang diketahuinya, mengetahui cara menggunakan informasi untuk memecahkan suatu permasalahan, dan mampu mencari sumber-sumber informasi yang relevan sebagai pendukung pemecahan masalah. Hal tersebut menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis dapat mengembangkan daya pikir yang mencakup wawasan dengan unsur yang luas, dengan bagitu siswa dapat mengelesaikan setiap permasalahan yang di hadapi. Berdasarkan hasil pengkajian yang telah dilakukan pada ketiga jurnal menunjukan bahwa model pembelajaran inkuiri berbantuan Mind Map dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1401051023
Dosen Pembimbing
VINSENSIUS LANTIK - 197901292008121001 - Dosen Pembimbing 1
Yusniati H. Muh. Yusuf - 198301072008122003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Vinsensius Lantik - 197901292008121001 - Ketua Penguji
Yusniati H. Muh. Yusuf - 198301072008122003 - Penguji 1
I W Sukarjita - 196807151994031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.03 PEN A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA