Nilai Sosial Dalam Tradisi Pasola Pada Masyarakat Sumba Barat Daya (Studi Kasus Desa Wura Homba, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

Nilai Sosial Dalam Tradisi Pasola Pada Masyarakat Sumba Barat Daya (Studi Kasus Desa Wura Homba, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis nilai-nilai sosial yang terkandung dalam tradisi Pasola yang dilakukan setiap tahun secara adat. Data yang diperlukan bersumber dari instansi terkait, begitu pula hasil wawancara dari informan selanjutnya dianalisis menggunakan metode kualitatif. Pendekatan yang digunakan untuk menjelaskan hasil penelitian ini adalah teori interaksionisme simbolik oleh Herbert Blummer yang melanjutkan penelitian yang pernah dilakukan George Herbert Mead (1963-1931). Teori ini menjelaskan pengutamaan simbol dalam berinteraksi sebagai kekhasan dalam proses sosial lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ritual adat yang dilakukan Rato dengan cara berpuasa, bersemedi sambil membacakan mantra kepada roh leluhur atau bisa disebut Marapu, dimana Rato melalui semedinya dipercaya dapat melihat apa yang terjadi di darat, laut dan angkasa. Hasil dari semedi menentukan waktu penangkapan Nyale di laut dan berlanjut pada membunuh babi, menyembeilh ayam untuk diperiksa hatinya oleh Rato memastikan keadaan hasil panen petani sebagai lambang kemakmuran. Atraksi Pasola yang dilakukan setiap tahun yang menunjukkan ketangkasan berkuda, kepiawaian lempar lembing yang terluka dari segi adat dipercaya sebagai akibat perbuatan yang pernah dilakukan. Atraksi ini juga menjadi ruang membersihkan diri secara agamais atau religi, memperkuat solidaritas sosial, dan ungkapan syukur kepada Marapu atas keberhasilan panen petani secara material.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1503030046
Dosen Pembimbing
SYAMSURYADI - 195712111989011001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Syamsuryadi - 195712111989011001 - Ketua Penguji
Blajan Konradus - 196102191988031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 ANA N
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA