Kajian Tentang Penerapan Metode Role Playing Pada Materi Norma Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII/A SMP Negeri 10 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Kajian Tentang Penerapan Metode Role Playing Pada Materi Norma Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII/A SMP Negeri 10 Kupang

XML

Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah mengapa Penerapan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi norma di kelas VII/A SMP Negeri 10 Kupang dan Bagaiman penerapan metode role playing untu
Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi norma di kelas VII/A SMP Negeri 10 Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi norma di kelas VII/A SMP Negeri 10 Kupang dan Bagaiman penerapan metode role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi norma di kelas VII/A SMP Negeri 10 Kupang
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yakni dengan tahapan sebagai berikut pengamatan terhadapa proses penerapan metode role playing atau bermain peranan saat belajar dan menganalisis secara rician hasil-hasil temuan lapangan menggunakan pertanyaan-pertanyaan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu oservasi, wawancara dan dokumentasi. Yang menjadi respon dalam penelitian ini adalah guru PPKn dan siswa kelas VII/A. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunujukan bahwa, 1). Penerapan metode role playing dalam pembelajaran metode role playing memiliki keunggulan dalam meningkatkan proses belajar siswa kelas VII/A SMP Negeri 10 Kupang, siswa dengan cepat memahami materi yang diajarkan oleh guru tentang materi norma. Tingkah laku siswa lebih baik dalam kemampuan individu mampu berkomunikasi efektif dengan teman yang lain baik dalam bentuk lisan ataupun tulisan serta berkomunikasi yang umumnya menggunakan bahasa tubuh seperti gerakan tangan, raut wajah, geleng kepala dan sebagainya. Penerapan metode role playing proses pembelajaran di kelas lebih efektif, emosional individu siswa, sikap, minat dan bentuk karakter pribadi siswa menonjol dan mengalami peningkatan dalam belajar. 2). Penerapan metode role playing yang digunakan dalam proses pembelajaran siswa dengan mudah memahami norma-norma yang berlaku, dimana guru membagi siswa dalam bentuk kelompok untuk memperagakan materi norma sesuai langkah-langkah yang ada dan memudahkan siswa untuk melakasanakn kegiatan pembelajaran serta membantu siswa untuk memahami aturan yang belaku di masyarakat. Siswa mengamati dan melaksanakan dari hasil skenarioi yang dipertontonkan. siswa memahami dan memiliki kesadaran akan pentingnya aturan norma yang berlaku dalam masyarakat maupun sekolah, siswa dapat menaati dan mematuhi serta bertidak sesuai norma-norma


Detail Information

Item Type
Penulis
Agrifan Neolaka - Personal Name
Student ID
1501070002
Dosen Pembimbing
Leonard Lobo - 195912311987021005 - Dosen Pembimbing 1
SEMUEL SABAT - 195605151985031003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dorcas Langgar - 195809031986012001 - Ketua Penguji
LEONARD LOBO - 195912311987021005 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Neo K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA