Skripsi
Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming ( Curah Pendapat) Oleh Guru Ppkn Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran PPKN Kelas VIII SMP N 5 Kupang Tengah
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran Brainstorming oleh guru PPKn terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 5 Kupang TengahPenelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan proses pembelajaran yang menerapkan langkah-langkah metode Brainstorming dengan subjek penelitian yang terdiri dari guru PPKn dan 29 siswa-siswi SMP N 5
Kupang Tengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PPKn dengan menerapkan metode Brainstorming pada siswa kelas VIII SMP N 5 Kupang Tengah dengan memotivasi siswa pada proses pembelajaran, membimbing siswa secara menyeluruh, melibatkan siswa dalam mengeluarkan pendapat dan memberikan kesimpulan sehingga siswa aktif dalam pembelajaran, meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan pada kelas VIII SMP N 5 Kupang Tengah dapat di simpulkan bahwa metode pembelajaran Brainstorming dalam pembelajaran PPKn hasil belajar siswa dapat meningkat. Sehingga peneliti menyarankan agar guru hendaknya dapat menginovasikan metode-metode pembelajaran, agar siswa meningkatkan semangat dalam mengikuti pembelajara.
Kata Kunci: Metode Brainstorming, Hasil belajar siswa.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
BERNADETHA DESI BELL - Personal Name
|
Student ID |
1501070054
|
Dosen Pembimbing |
Leonard Lobo - 195912311987021005 - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
LEONARD LOBO - 195912311987021005 - Ketua Penguji
Dorcas Langgar - 195809031986012001 - Penguji 1 Marsi Devid Setyawan Bani - 198203142008121001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.05 BEL P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |