Kemampuan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Nubatukan Kecamatan Nubatukan Kabupaten Lembata Tahun Ajaran 2021/2022

Detail Cantuman

Skripsi

Kemampuan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Nubatukan Kecamatan Nubatukan Kabupaten Lembata Tahun Ajaran 2021/2022

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks cerpen pada siswa kelas IXA SMP Negeri 2 Nubatukan Kecamatan Nubatukan Kabupaten Lembata Tahun Ajaran 2021/2022. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar konstruktivisme dan teori menulis dimana teori ini digunakan untuk menganalisis, mengukur, dan mendeksripsikan kemampuan menulis teks cerpen pada siswa kelas IXA SMP Negeri 2 Nubatukan. Hasil penelitin ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas IXA SMP Negeri 2 Nubatukan dalam menulis teks cepen digolongkan pada kategori mampu dalam semua aspek penilaian. Ditinjau dari 3 aspek yaitu kelengkapan aspek formal cepen, kelengkapan unsur intrinsik cerpen, dan keterpaduan
unsur/struktur cerpen dengan persentase yang sama yaitu 88,23%. Kemudian dengan aspek kesesuaian penggunaan bahasa cerpen digolongkan dalam kategori tidak mampu dengan persentase 64,70%. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dimana prosedur penelitian ini menghasilkan data deskriptif kualitatif berupa kata-kata tulisantulisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Berdasarkan analisis data yang dilakukan menunjukan bahwa siswa kelas IXA SMP Negeri 2 Nubatukan sudah mampu menulis teks cerpen, karena rata-rata skor yang diperoleh kelas IXA sudah mencapai KKMyakni 75. Hal ini, disebabkan karena siswa kelas IXA SMP Negeri 2 Nubatukan sudah memahami tiga aspek penilaian yaitu kelengkapan aspek formal cepen, kelengkapan unsur intrinsik cerpen, keterpaduan unsur/struktur cerpen namun pada aspek kesesuaian penggunaan bahasa cerpen mereka belum mampu untuk merangkai kalimat demi kalimat dengan baik serta memperhatikan kaidah EBI dengan benar.
Kata Kunci : Kemampuan siswa, menulis, Teks Cerpen, Aspek Penilaian, Kelengkapan
Aspek Formal Cepen, Kelengkapan Unsur Intrinsik Cerpen, Keterpaduan
Unsur/Struktur Cerpen, Kesesuaian Penggunaan Bahasa Cerpen


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1701010120
Dosen Pembimbing
KARUS MARIA MARGARETA - 196210141990032001 - Dosen Pembimbing 1
HENDRIKUS JEHANE - 195712311987021023 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Ketua Penguji
Hendrikus Jehane - 195712311987021023 - Penguji 1
Hayon G. Nico - 195808061986011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88201
Edisi
Published
Departement
Penendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
882.01 PUT K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA