Pengembangan Media Pembelajaran Education Game Dengan Menggunakan Aplikasi I Spring Suite 8 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas Xi Sma

Detail Cantuman

Skripsi

Pengembangan Media Pembelajaran Education Game Dengan Menggunakan Aplikasi I Spring Suite 8 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas Xi Sma

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas media pembelajaran Education Game pada materi sistem ekskresi kelas XI. Penelitian dilaksanakan di SMAN 2 Kupang Timur, pada tanggal 11 Januari 2021 sampai
dengan 11 September 2021.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reseacrh and Development), menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari 5 tahap, yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Validator dalam penelitian ini terdiri atas dua orang ahli media dan dua orang ahli materi. Sedangkan untuk responden terdiri atas siswa XI IPA 2 yang berjumlah 8 siswa pada uji kelas kecil dan 24 siswa pada uji kelas besar serta dua guru Biologi.Hasil penilaian ahli media danahlimateriterhadap kelayakan media yaitu media Education Game memiliki kriteria “Sangat Layak” dengan persentase 86,25% untuk ahli media dan 88,04% untuk ahli materi. Pada uji kelas kecil, hasil respon siswa dan guru adalah media memiliki kriteria “Sangat Layak” dengan persentase kelayakan siswa sebesar 91,28% dan persentase kelayakan guru sebesar 85,25%. Pada uji kelas besar, diperoleh persentase respon siswa sebesar 95% dengan kriteria “Sangat Layak. Berdasarkan data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Education Game layak digunakan dalam
proses pembelajaran. Sedangkan hasil efektivitas media berdasarkan uji t-testpada nilai pretest dan nilai posttest diperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,000. Nilai tersebut < 0,05, artinya terdapat perbedaan secara signifikan yang menunjukkan bahwa media pembelajaran Education Game memiliki efektivitas dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA sebelum menggunakan media pembelajaran Education Game dan sesudah menggunakan media pembelajaran Education Game.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Education Game, ISpring Suite 8, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
INTAN ROSARIO MAU - Personal Name
Student ID
1701040008
Dosen Pembimbing
MBING MaRIA IMAKULATA - 196507251993032001 - Dosen Pembimbing 1
ANDAM S ARDAN - 197205271999032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yusnaeni - 197502032000122001 - Ketua Penguji
Mbing Maria Imakulata - 196507251993032001 - Penguji 1
Andam S Ardan - 197205271999032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 Mau P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA