Skripsi
Penggunaan Model Problem Solving Dalam Tema 3 Sub Tema 1 Pembelajaran 1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas IV SD Inpres Oeletsala
XMLAdapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa tentang tema 3 sub tema 1 melalui model problem solving di kelas IV SD Inpres Oeletsala. Pada penelitian ini melibatkan 14 orang siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 6 siswi perempuan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus dimana pada setiap siklusnya terdiri atas empat tahap yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes serta refleksi. Teknik analisis data untuk mengetahui rata-rata kelas menggunakan rumus dari Sudjana (1996:67), teknik analisis data untuk menghitung ketuntasan belajar dari peserta didik menggunakan rumus dari Daryanto (2011:92). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes kondisi awal diperoleh rata-rata kelasnya 62,14 dengan presentase ketuntasan belajar yaitu 35,71%, pada siklus I terjadi peningkatan dengan perolehan rata-rata kelas sebesar 68, 57 dengan presentase ketuntasan belajar yaitu 57,14%, serta pada siklus II semakin terjadi peningkatan pada rata-rata kelasnya dengan perolehan nilai 82,14 dan presentase ketuntasan belajarnya meningkat menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pembelajaran tentang tema 3 sub tema 1 menggunakan model problem solving di kelas IV SD Inpres Oeletsala dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Hasil belajar, Problem Solving.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Novensiana Vidianti Taunaes - Personal Name
|
Student ID |
1701140033
|
Dosen Pembimbing |
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1 Benediktus Kasa - 195706141984031001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 TAU P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |