Penggunaan Model Problem Solving Dalam Tema 3 Sub Tema 1 Pembelajaran 1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas IV SD Inpres Oeletsala

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Problem Solving Dalam Tema 3 Sub Tema 1 Pembelajaran 1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas IV SD Inpres Oeletsala

XML

Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa tentang tema 3 sub tema 1 melalui model problem solving di kelas IV SD Inpres Oeletsala. Pada penelitian ini melibatkan 14 orang siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 6 siswi perempuan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus dimana pada setiap siklusnya terdiri atas empat tahap yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes serta refleksi. Teknik analisis data untuk mengetahui rata-rata kelas menggunakan rumus dari Sudjana (1996:67), teknik analisis data untuk menghitung ketuntasan belajar dari peserta didik menggunakan rumus dari Daryanto (2011:92). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes kondisi awal diperoleh rata-rata kelasnya 62,14 dengan presentase ketuntasan belajar yaitu 35,71%, pada siklus I terjadi peningkatan dengan perolehan rata-rata kelas sebesar 68, 57 dengan presentase ketuntasan belajar yaitu 57,14%, serta pada siklus II semakin terjadi peningkatan pada rata-rata kelasnya dengan perolehan nilai 82,14 dan presentase ketuntasan belajarnya meningkat menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pembelajaran tentang tema 3 sub tema 1 menggunakan model problem solving di kelas IV SD Inpres Oeletsala dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Hasil belajar, Problem Solving.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1701140033
Dosen Pembimbing
PAULINA RIWU GA - 196006281986032001 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Paulina Riwu Gah - 196006281986032001 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1
Benediktus Kasa - 195706141984031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 TAU P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA