Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Tema 6, Subtema 1, Pembelajaran Ke 1, Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas Iv Sd Inpres Oeletsala

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Tema 6, Subtema 1, Pembelajaran Ke 1, Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas Iv Sd Inpres Oeletsala

XML

Skripsi oleh Berlian Catursanty Salu, NIM 1701140163, dengan judul ”Penggunaan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Tema 6, Subtema 1, Pembelajaran Ke 1, Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas Iv Sd Inpres Oeletsala”. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran tema 6, subtema 1, pembelajaran ke 1, untuk meningkatkan hasil belajar di kelas IV SD Inpres Oeletsala? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada tema 6, subtema 1, pembelajaran ke 1 di kelas IV SD Inpres Oeletsala, melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes, teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif, mencari persen nilai ketuntasan per siklus. Adapun subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 16 orang, yang terdiri dari 9 orang peserta didik laki-laki dan 7 orang peserta didik perempuan. Penelitian ini diadakan di SD Inpres Oeletsala dengan hasil penelitian menunjukan bahwa siklus I dari 16 orang subjek yang tuntas berjumlah 7 orang dengan persen sebesar (43,75%) tuntas karena memusatkan perhatian, aktif dalam kelompok, mengerjakan soal dengan teliti, tertib saat pembelajaran berlangsung, dan yang tidak tuntas berjumlah 9 orang dengan persen sebesar (56,25%) karena guru belum mampu mengkondisikan kelas dengan baik dan belum menguasai model pembelajaran ini serta peserta didik belum terbiasa dengan model yang digunakan serta kurang teliti saat mengerjakan soal. Selanjutnya siklus II mengalami peningkatkan, hal ini dibuktikan bahwa dari 16 orang subjek penelitian yang tuntas 14 orang dengan persen sebesar (87,5%) karena selalu memusatkan perhatian, aktif dalam kelompok, selalu teliti dalam mengerjakan soal, sedangkan yang belum tuntas berjumlah 2 orang dengan persen sebesar (12,5%) karena masih kurang aktif serta kurang teliti dalam mengerjakan soal.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran tema 6, subtema 1, pembelajaran ke 1, dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas IV SD Inpres Oeletsala.

Kata Kunci: Model Jigsaw, Siklus Hidup Hewan, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Berlian Catursanty Salu - Personal Name
Student ID
1701140163
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 SAL P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA