Skripsi
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tema 3 makanan sehat sub tema 3 pentingnya menjaga asupan makanan sehat pembelajaran 3 dan 4 di kelas V SDK Hanowai
XMLSkripsi oleh Angelina Fitri Mali, Nim : 1601140255, PGSD 2016
berjudul Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ips tema 3 makanan
sehat sub tema 3 pentingnya menjaga asupan makanan sehat di kelas V
SDK Hanowai. Rumusan Masalah penelitian ini adalah: “Bagaimana
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan
hasil belajar siswa di kelas V SDK Hanowai ? Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui penerapan model kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar
siswa pada pelajaran IPS dikelas V SDK Hanowai. Jenis penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan sebagai berikut:
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, subyek penelitian (PTK)
ini difokuskan pada siswa kelas V SDK Hanowai yang terdiri dari 12 siswa
yaitu terdiri dari 5 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian yaitu teknik observasi, teknik tes, dan
teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data hasil
observasi dan penelitian hasil tes. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis
lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Penelitian ini diadakan di SDK Hanowai Desa Maudemu Kabupaten
Belu. Hasil observasi guru mengalami peningkatan di mana pada siklus I
aktivitas guru diperoleh skor 47 sehingga nilai yang diperoleh guru 69.12.
Hasil observasi guru pada siklus ini sudah memperoleh hasil baik,
sedangkan pada siklus II aktivitas guru diperoleh skor 52,5 sehingga nilai
yang diperoleh guru 77,21. Berdasarkan hasil siklus I dan siklus II dapat
disimpulkan hasil observasi guru mengalami peningkatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe
jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I nilai ratarata kelas adalah 62,92 meningkat menjadi 80 pada siklus II. Hal ini berarti
terdapat peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke Siklus II yaitu 17,08.
Persentase ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan yaitu 58,33%
pada siklus I menjadi 83,33% pada siklus II dengan peningkatan persentase
sebesar 25%. Aktivitas siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I
sebesar 72,2 menjadi 77,44 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 5,24.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif
tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDK
Hanowai.
Kata kunci : Model Pembelajaran tipe Jigsaw, Asupan makanan sehat,
Hasil belajar.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Angelina Fitri Mali - Personal Name
|
Student ID |
1601140255
|
Dosen Pembimbing |
Benediktus Kasa - 195706141984031001 - Dosen Pembimbing 1
Martha K. Kota - 9900007842 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
kasa - - Penguji 1 Martha K. Kota - 9900007842 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 ALI P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |