Skripsi
Analisis Sistem Antrian Dalam Mengoptimalkan Pelayanan Pada Bagian Loket Pendaftaran di Rumah Sakit Bhayangkara Kupang
XMLAntrian merupakan suatu fenomena yang timbul dalam aktivitas manusia. Antrian yang muncul disebabkan oleh aktivitas pelayanan yang tidak diimbangi oleh kebutuhan akan pelayanan sehingga pengguna layanan tersebut tidak terlayani dengan segera.Pelayanan disini bisa berupa perbaikan sistem antrian, karena dari banyak kasus yang dihadapi para pelanggan banyak mengeluhkan tentang lamanya waktu menunggu sebelum diproses pada saat bertransaksi.Jika sering timbul antrian yang panjang maka akan mengakibatkan kekecewaan pelanggan serta tingkat kepercayaan terhadap jasa pelayanan tersebut menurun.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat rata-rata kedatangan pelanggan dan rata-rata pelayanan pada Rumah Sakit Bhayangkara Kupang dan menganalisis sistem antrian dengan mengoptimalkan pelayanan pada bagian loket pendaftaran di Rumah Sakit Bhayangkara Kupang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa model antrian yang digunakan pada Rumah Sakit Bhayangkara Kupang adalah Multi Channel Single Phase dengan menerapkan disiplin antrian First Come First Serve (FCFS). Tingkat rata-rata kedatangan pasien pada loket pendaftaran Rumah Sakit Bhayangkara Kupang tertinggi pada pukul 09.00-10.00 dengan jumlah kedatangan 32 orang/jam dan kedatangan pasien terendah pada pukul 14.00 – 15.00 dengan jumlah kedatangan 8 orang/jam.Tingkat rata-rata pelayanan pada Rumah Sakit Bhayangkara Kupang yaitu sebanyak 19 orang/jam. Jumlah loket yang dibuka pada Rumah Sakit Bhayangkara Kupang sebanyak 3 Loket. Namun 3 loket terlalu banyak padahal 2 loket saja sudah cukup optimal. Analisis sistem antrian menunjukan jumlah loket yang optimal yaitu pada pukul 08.00 – 10.00 loket yang dibuka 3 loket, pada pukul 10.00 – 13.00 loket yang dibuka 2 loket, dan pada pukul 13.00 – 15.00 loket yang dibuka 1 loket
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Sri Hartati Renggo - Personal Name
|
Student ID |
1610030110
|
Dosen Pembimbing |
ANTONIO ELI LOMI NYOKO - 197604152010121001 - Dosen Pembimbing 1
NI PUTU NURSIANI - 196710201998022001 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Ni Putu Nursiani - 196710201998022001 - Penguji 1
Apriana H J Fanggidae - 197004081998022001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
61201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Manajemen
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
612.01 Ren A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |