Pemanfaatan Sistem Manajemen Pembelajaran Dalam Proses Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Biologi Ditengah Pandemi Covid-19 Di Sman 6 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Pemanfaatan Sistem Manajemen Pembelajaran Dalam Proses Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Biologi Ditengah Pandemi Covid-19 Di Sman 6 Kota Kupang

XML

Berni Febrina Toy. 1701040118. Pemanfaatan Sistem Manajemen Pembelajaran Dalam Proses Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Biologi Ditengah Pandemi Covid 19 di SMAN 6 Kupang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Dibimbing oleh Andam S. Ardan dan Paulus Taek.
Penelitian tentang pemanfaatan sistem manajemen pembelajaran daring di SMAN 6 Kupang selama pandemi covid-19 dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pemanfaatan sistem manajemen pembelajaran daring ditengah pandemi covid-19 dari persepsi siswa dan guru yang difokuskan pada aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan
metode deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah seorang guru dan 84 siswa yang mengikuti pembelajaran daring. Data persepsi guru dan siswa diperoleh dengan menggunakan wawancara terstruktur dengan pendekatan deskriptif dan juga pembagian kuensioner online dengan pendekatan deskriptif analitik menggunakan presentase atas jawaban-jawaban yang diberikan oleh responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase jawaban dari masingmasing indikator yaitu pada indikator perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan setiap siswamemberikan persepsi yang bervariasi untuk indikator perencanaan respon tertinggi 62 (74%) siswa yang merespon baik dengan pembelajaran daring menggunakan google classroom karena sangat membantu, pada indikator penggorganisasian respon tertinggi 48 (57%) siswa
merespon baik karena dapat mengatur waktu belajar dari rumah, pada indikator pelaksanaan respon tertinggi 53 (63%) merespon sangat baik bahwa fasilitas menggunakan hp dan laptop membantu pelaksanaan pembelajaran daring, kemudian pada indikator pengawasan respon tertinggi 51 (61%) merespon baik bahwa selalu ada pengawasan dari guru saat siswa mengerjakan tugas. Pada saat sesi wawancara secara umum untuk perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan guru merespon baik bahwa sangat terbantu sekali dengan
aplikasi google classroom karena kegiatan pembelajaran daring dapat mempersiapkan diri siswa untuk lebih percaya diri dan terlibat dalam proses belajar karena, kegiatan pembelajaran daring ini tidak terhenti sampai disini karena justru akan sangat bermanfaat setelah pandemi ini, karena dimasa depan akan berhubungan terus dengan pemanfaatan teknologi secara daring.

Kata Kunci : Sistem manajemen membelajaran, Google classroom, Covid-19.


Detail Information

Item Type
Penulis
BERNI FEBRINA TOY - Personal Name
Student ID
1701040118
Dosen Pembimbing
ANDAM S ARDAN - 197205271999032001 - Dosen Pembimbing 1
PAULUS TAEK - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Yusnaeni - 197502032000122001 - Ketua Penguji
Andam S Ardan - 197205271999032001 - Penguji 1
PAULUS TAEK - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 Toy P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA