Skripsi
Pemanfaatan Sistem Manajemen Pembelajaran Dalam Proses Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Biologi Ditengah Pandemi Covid-19 Di Sman 6 Kota Kupang
XMLBerni Febrina Toy. 1701040118. Pemanfaatan Sistem Manajemen Pembelajaran Dalam Proses Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Biologi Ditengah Pandemi Covid 19 di SMAN 6 Kupang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Dibimbing oleh Andam S. Ardan dan Paulus Taek.
Penelitian tentang pemanfaatan sistem manajemen pembelajaran daring di SMAN 6 Kupang selama pandemi covid-19 dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pemanfaatan sistem manajemen pembelajaran daring ditengah pandemi covid-19 dari persepsi siswa dan guru yang difokuskan pada aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan
metode deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah seorang guru dan 84 siswa yang mengikuti pembelajaran daring. Data persepsi guru dan siswa diperoleh dengan menggunakan wawancara terstruktur dengan pendekatan deskriptif dan juga pembagian kuensioner online dengan pendekatan deskriptif analitik menggunakan presentase atas jawaban-jawaban yang diberikan oleh responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase jawaban dari masingmasing indikator yaitu pada indikator perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan setiap siswamemberikan persepsi yang bervariasi untuk indikator perencanaan respon tertinggi 62 (74%) siswa yang merespon baik dengan pembelajaran daring menggunakan google classroom karena sangat membantu, pada indikator penggorganisasian respon tertinggi 48 (57%) siswa
merespon baik karena dapat mengatur waktu belajar dari rumah, pada indikator pelaksanaan respon tertinggi 53 (63%) merespon sangat baik bahwa fasilitas menggunakan hp dan laptop membantu pelaksanaan pembelajaran daring, kemudian pada indikator pengawasan respon tertinggi 51 (61%) merespon baik bahwa selalu ada pengawasan dari guru saat siswa mengerjakan tugas. Pada saat sesi wawancara secara umum untuk perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan guru merespon baik bahwa sangat terbantu sekali dengan
aplikasi google classroom karena kegiatan pembelajaran daring dapat mempersiapkan diri siswa untuk lebih percaya diri dan terlibat dalam proses belajar karena, kegiatan pembelajaran daring ini tidak terhenti sampai disini karena justru akan sangat bermanfaat setelah pandemi ini, karena dimasa depan akan berhubungan terus dengan pemanfaatan teknologi secara daring.
Kata Kunci : Sistem manajemen membelajaran, Google classroom, Covid-19.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
BERNI FEBRINA TOY - Personal Name
|
Student ID |
1701040118
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Yusnaeni - 197502032000122001 - Ketua Penguji
Andam S Ardan - 197205271999032001 - Penguji 1 PAULUS TAEK - - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Biologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.05 Toy P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |