Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Gangguan Alat Pernapasan Pada Manusia Di Kelas V SDI Nunbaun Delha

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Gangguan Alat Pernapasan Pada Manusia Di Kelas V SDI Nunbaun Delha

XML

Masalah dalam Penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara model Problem Based Learning terhadap hasil belajar Siswa materi gangguan alat pernapasan pada manusia kelas V SDI Nunbaun Delha. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-Experimental Design dengan pendekatan kuantitatif desain penelitian One Group Pretest-Postest Design . Populasi yang digunakan adalah siswa kelas V SD Inpres Nunbaun Delha yang berjumlah 24 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik dan instrumen pengumpulan data: 1) Tes. Instrumen penelitian yaitu tes berupa pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan, terlebih dahulu digunakan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dan digunakan untuk uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar siswa. Terbukti dengan rata-rata hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning mencapai 82,70 lebih tinggi daripada persentasi nilai yang mencapai KKM pada pembelajaran sebelum diberikan perlakuan hanya mencapai 50,83. Pengujian hipotesis dengan bantuan SPSS versi 20 dilakukan dengan uji t yaitu uji Paired Sample T-Test. Diperoleh nilai sig.(2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning terdapat perbedaan yang signifikan antara data pretest dan posttest, Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antar variabel. Ini menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing-masing variabel. Maka terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar IPA antara sebelum digunakannya model Problem Based Learning dan sesudah digunakannya model Problem Based Learning pada pembelajaran.
Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
WELLY YUNITA PAPA - Personal Name
Student ID
1701140047
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 PAP P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA