Skripsi
Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Gangguan Alat Pernapasan Pada Manusia Di Kelas V SDI Nunbaun Delha
XMLMasalah dalam Penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara model Problem Based Learning terhadap hasil belajar Siswa materi gangguan alat pernapasan pada manusia kelas V SDI Nunbaun Delha. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre-Experimental Design dengan pendekatan kuantitatif desain penelitian One Group Pretest-Postest Design . Populasi yang digunakan adalah siswa kelas V SD Inpres Nunbaun Delha yang berjumlah 24 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik dan instrumen pengumpulan data: 1) Tes. Instrumen penelitian yaitu tes berupa pre-test dan post-test untuk mengukur hasil belajar. Instrumen soal sebelum digunakan, terlebih dahulu digunakan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dan digunakan untuk uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar siswa. Terbukti dengan rata-rata hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning mencapai 82,70 lebih tinggi daripada persentasi nilai yang mencapai KKM pada pembelajaran sebelum diberikan perlakuan hanya mencapai 50,83. Pengujian hipotesis dengan bantuan SPSS versi 20 dilakukan dengan uji t yaitu uji Paired Sample T-Test. Diperoleh nilai sig.(2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning terdapat perbedaan yang signifikan antara data pretest dan posttest, Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antar variabel. Ini menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing-masing variabel. Maka terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar IPA antara sebelum digunakannya model Problem Based Learning dan sesudah digunakannya model Problem Based Learning pada pembelajaran.
Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
WELLY YUNITA PAPA - Personal Name
|
Student ID |
1701140047
|
Dosen Pembimbing |
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1 Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 PAP P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |