Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Makes Amatch Dan Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Di Kelas IV SD Inpres Bakunase 2

Detail Cantuman

Skripsi

Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Makes Amatch Dan Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 Di Kelas IV SD Inpres Bakunase 2

XML

Skripsi oleh Ferci Debora Mbau. PGSD 2022 dengan judul “komparasi model pembelajaran kooperatif tipe make a macth dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa pada tema 4 subtema 1 pembelajaran 1 di kelas IV SD inpres bakunase 2”. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Apakah terdapat Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan Model Pembelajaran Langsung terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran 1 di Kelas IV SD Inpres Bakunase 2? Instrumen pengukuran hasil belajar berupa test pilihan ganda yang dikembangkan oleh peneliti. Instrumen divalidasi isi dan analisis item setelah uji coba. Reliabilitas test menunjukan nilai alphacrobbach’ssebesar 0,802 sehingga layak untuk digunakan. Penilitian ini adalah kenis penelitian kuantitatif yaitu quasi experiment dengan desain Posstest-Only Control Design.Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres Bakunase 2 yang berjumlah 32 orang.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik random sampling.Analisis data dilakukan melalui tahap (1) uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, dan (2) uji hipotesis penelitian, yang dilakukan dengan teknik analisis statistik paired sampel test.
Hasil penelitian menunjukan bahawa hasil penelitian kelas model pembelajaran kooperatif tipe make a macth lebih tinggi dibandingkan model pembeljaran langsung. Terbukti dengan hasil yang diuji dengan bantuan SPSS 25 menunjukan nilai Uji t memiliki nilai t hitung sebesar 4.718 lebih besar (>) dari nilai t tabel dengan signifikansinya adalah 0,002<0,05. Dimana pada kelas model pembelajaran kooperatif tipe make a macth pada pertemuan 1 dengan rata-rata sebesar 67,5, sedangkan pada pertemuan 2 sebesar 81,87. Sedangkan pada kelas model pembelajaran langsung pada pertemuan 1 dengan rata-rata sebesar 68,12, sedangkan pada pertemuan 2 sebesar 78,75. Jadi berdasarkan kriteria keputusan penerimaan/penolakan maka H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, dapat diartikan ada perbedaan pada model pembelajaran kooperatif tipe make a macth dan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa pada tema 4 subtema 1 pembelajaran 1 di kelas IV SD Inpres Bakunase 2.
Kata Kunci: make a macth, pembelajaran langsung, hasil belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
FERCI DEBORA MBAU - Personal Name
Student ID
1701140015
Dosen Pembimbing
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Mba K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA