“Peran Kepala Desa Dalam Menyelesaikan Sengketa Tanah Di Desa Eonbesi Kecamatan Mollo Utara Kabupaten Timor Tengah Selatan”

Detail Cantuman

Skripsi

“Peran Kepala Desa Dalam Menyelesaikan Sengketa Tanah Di Desa Eonbesi Kecamatan Mollo Utara Kabupaten Timor Tengah Selatan”

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan kisah-kisah sengketa tanah dalam kurung waktu 5 tahun terakhir di Desa Eonbesi Kecamatan Mollo Utara Kabupaten Timor Tengah Selatan (2) mendeskripsikan bagaimana peran Kepala Desa dalam menyelesaikan sengketa tanah di Desa Eonbesi Kecamatan Mollo Utara Kabupaten Timor Tengah Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu meneliti suatu objek dengan menghimpun, menggambar dan menganalisis data dan fakta serta menarik kesimpulan baik dari data primer maupun data sekunder yang telah diperoleh dari lapangan dalam bentuk kalimat yang jelas sehingga mudah di pahami. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Desa dan pihak masyarakat yang bersengketa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sengketa tanah yang terjadi di Desa Eonbesi Kecamatan Mollo Utara Kabupaten Timor Tengah Selatan selama ini karena kurangnya kesadaran dari masyarakat setempat tentang hak pemilikan atas tanah berupa sertifikat tanh sehingga tanah tersebut gampang dirampas oleh pihak saudara ataupun anggota keluarga lainnya. Alasan masyarakat memilih Peran Kepala Desa dalam menyelesaikan sengketa yang terjadi adalah karena mereka beranggapan bahwa Peran Kepala Desa adalah cara yang sudah sangat melekat secara turun temurun, dan juga merupakan cara paling mudah serta tidak memerlukan banyak biaya. Mediasi oleh Kepala Desa juga dianggap sebagai medium yang menyatukan masyarakat secara formal oleh Pemerintah Desa.
Kata kunci: Peran Kepala Desa, Sengketa Tanah


Detail Information

Item Type
Penulis
YESIKE MISSA - Personal Name
Student ID
1701070021
Dosen Pembimbing
Petrus Ly - 1959121119861002 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
Dorcas Langgar - 195809031986012001 - Penguji 1
LEONARD LOBO - 195912311987021005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 MIS P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA