Pengaruh Penilaian Mahasiswa Pada Pembelajaran Dalam Jaringan ( Daring) Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Nusa Cendana

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penilaian Mahasiswa Pada Pembelajaran Dalam Jaringan ( Daring) Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Nusa Cendana

XML

Pembelajaran daring merupakan sebuah metode yang berbasis elektronik yang dilakukan dengan jarak jauh. Motivasi belajar merupakan faktor penting dalam mencapai keberhasilan pembelajaran, mahasiswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi memiliki keinginan untuk memperoleh hasil yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh penilaian mahasiswa pada pembelajaran dalam jaringan (daring) terhadap motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Nusa Cendana. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sifat korelasi atau hubungan. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Nusa Cendana Pada Program Studi Pendidikan Luar Sekolah. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Luar Sekolah dengan sampel sebanyak 75 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket (kuesioner) dibuat dalam bentuk google form. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasiPearson product momentdan analisis Regresisederhana. Hasil penelitian penilaian mahasiswa pada pembelajaran dalam jaringan (daring) berada dalam kategori cukup baik yaitu 64,94% sedangkan motivasi belajar mahasiswa adalah 69,60%. Analisis korelasi Pearson product moment menunjukkan bahwa, adanya hubungan yang sangat kuat antara penilaian mahasiswa pada pembelajaran dalam jaringan (daring) terhadap motivasi belajar mahasiswa ditunjukan dengan nilai rXYsebesar 0.904. Sedangkan kontribusipenilaian mahasiswa pada pembelajaran daring terhadap motivasi belajar mahasiswa sebesar 81,8 %. Analisis regresi menunjukkan bahwa, pengaruh viii penilaian mahasiswa pada pembelajaran dalam jaringan (daring) terhadap motivasi belajar mahasiswa ditunjukan dengan persamaan regresi sebesar Ŷ = 13.283 + 0.856X. Hasilpengujian signifikansi secara parsial uji t, menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara penilaian mahasiswa pada pembelajaran dalam jaringan (daring) terhadap motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Nusa Cendana dibuktikan dengan nilai t hitung > t tabel (18,101>1,666) dengan signifikansi t < dari probabilitas α (0,000< 0,05). Sehingga Hoditolak dan Ha diterima.
Kata Kunci :Pengaruh Penilaian ,Mahasiswa,Pembelajaran Daring, dan Motivasi Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Siti Nurnining Bela - Personal Name
Student ID
1401170042
Dosen Pembimbing
ERNI RASTER KLAU - 198506272008122002 - Dosen Pembimbing 1
MARIANA IKUN R D M PAREIRA - 197601282009122001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Erni Raster Klau - 198506272008122002 - Ketua Penguji
Mariana Ikun R D M Pareira - 197601282009122001 - Penguji 1
Nirwaning Makleat - 198511032018032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Luar Sekolah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.05 Bel P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA