Persepsi Orangtua Terhadap Pembelajaran Daring Di SD Gmit Airnona 1 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Persepsi Orangtua Terhadap Pembelajaran Daring Di SD Gmit Airnona 1 Kupang

XML

Skripsi oleh Maria Apriliyanti Leto Welan. Nim 1701140004(2022) PGSD. Judul Persepsi Orangtua Terhadap Pembelajaran Daring di SD GMIT Airnona 1 Kupang. Rumusan masalah “Bagaimana Persepsi Orangtua terhadap pelaksanaan pembelajaran daring di SD GMIT Airnona 1 Kupang? Apa saja dampak positif dan negatif pembelajaran daring menurut orangtua di SD GMIT Airnona 1 Kupang? Bagaimana upaya yang dilakukan oleh orangtua dalam mendampingi anak belajar daring di SD GMIT Airnona 1 Kupang? Jenis penelitian adalah Penelitian campuran dengan metode kombinasi model concurrent embedded. Lokasi penelitian di SD GMIT Airnona 1 Kupang. Subyek penelitian yang diawawancari berjumlah 14 orang dan menggunakan seluruh orangtua murid yang anaknya bersekolah di SD GMIT Airnona 1 Kupang untuk mengisi angket. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada saat orangtua menerima informasi dari luar mengenai pembelajaran daring sebagian besar orangtua menunjukan ketidaksetujuan karena orangtua belum mampu mengimbangi pembelajaran daring sang anak dan orangtua kesulitan dalam membagi waktu sehingga menunjukan persepsi yang negatif sebesar 53%. Orangtua juga memahami bahwa mereka masih mengalami kesulitan dalam menyesuaikan pembelajaran daring karena orang tua harus beradaptasi dalam penggunaan teknologi sehingga pemahaman orangtua menunjukan persepsi yang negatif sebesar 63%. Kemudian persepsi yang kurang baik juga dilihat dari hasil evaluasi orangtua terhadap pembelajaran daring, dalam evaluasi tersebut orangtua mengemukakan kendala-kendala dalam pembelajaran daring yang menghambat proses pelaksanaannya salah satunya yaitu keterbatasan pengetahuan orangtua dalam menjelaskan materi pembelajaran kepada anaknya, sehingga menunjukan persepsi yang negatif sebesar 63%. Dampak negatif dari pembelajaran daring menurut orang tua sebagai berikut: Kecanduan Teknologi, Pelaksanaan pembelajaran daring kurang efektif, Kurangnya rasa tanggung jawab anak. Dampak positif pembelajaran daring menurut orang tua adalah Terhindar dari Covid-19, Mampu menguasai teknologi dan Membangun hubungan yang lebih dekat lagi antara orang tua dan anak. Upaya yang dilakukan oleh orang tua dalam mendampingi anak belajar daring di SD GMIT Airnona 1 Kupang adalah orang tua senantiasa berpartisipasi, mendampingi dan berupaya menerapkan metode dalam pembelajaran serta orang tua juga menyediakan fasilitas belajar. Berdasarkan persepsi-persepsi orangtua terhadap pembelajaran daring yang telah dikemukakan, dapat disimpulkan bahwa persepsi orang tua terhadap pembelajaran daring di SD GMIT Airnona 1 Kupang menunjukan kecenderungan ke persepsi yang negatif dan diperoleh besar persepsi orangtua terhadap pembelajaran daring sebesar 59% pada kategori kurang baik.
Kata Kunci : Persepsi Orang Tua, Pembelajaran Daring


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1701140004
Dosen Pembimbing
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Sarah Nurhabibah - 199411272019032024 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Sarah Nurhabibah - 199411271019032024 - Penguji 1
Hiwa Wonda - 196201231988031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Wel P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA