Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tentang Peredaran Darahku Sehat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SD Inpres Nefotes Kabupaten Timor Tegah Selatan

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tentang Peredaran Darahku Sehat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SD Inpres Nefotes Kabupaten Timor Tegah Selatan

XML

Skripsi oleh Vanda R. Kase NIM 1701140001 PGSD 2022, dengan judul “Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tentang Peredaran Darahku Sehat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SD Inpres Nefotes Kabupaten Timor Tengah selatan”. Dengan rumusan masalah adalah: Bagaimana penerapan model pembelajaran Poblem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang peredaran darahku sehat di kelas V SD Inpres Nefotes?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Inpres Nefotes dalam pembelajaran tentang peredaran darahku sehat melalui penerapan model Problem Based Learning.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, tes dan refleksi dengan mengambil lokasi penelitian di SD Inpres Nefotes Kabupaten Timor Tengah selatan. Ada pun subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswa kelas VB yang berjumlah 24 orang dengan rincian siswa laki-,laki 11 orang dan siswa perempuan 13 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data yang terkumpul dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik analisis data yakni deskriptif kualitatif. Hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu pada siklus I presentasi hasil belajar siswa mencapai 44, 83% dengan 11 orang yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) sedangkan pada siklus II presentasi hasil belajar siswa mencapai 91,66% dengan 22 orang yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Selain itu, terdapat peningkatan rata-rata nilai rekapitulasi hasil belajar siswa dari 66,89 pada siklus I menjadi 80,20 pada siklus ke-II. Berdasarkan rumusan masalah pada skripsi ini yaitu disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang peredaran darahku sehat di kelas V SDI Nefotes terbukti tepat. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II setelah guru menerapkan model Problem Based Learning dalam proses pembelajaran tentang peredaran darahku sehat yaitu dengan memberikan pengalaman langsung kepada siswa menalui Problem Based Learning. Dimana siswa mengalami sendiri, menemukan sendiri serta mencari kebenaran tentang apa yang dipelajarainya.
Kata kunci: Problem Based Learning, Hasil belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
VANDA R. KASE - Personal Name
Student ID
1701140001
Dosen Pembimbing
GASPAR MELO - 195806241987031002 - Dosen Pembimbing 1
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Kas P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA