Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 Pada Siswa Kelas V SD Inpres Lanpun Kabupaten TTS

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 Pada Siswa Kelas V SD Inpres Lanpun Kabupaten TTS

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas V Inpres Lanpun pada materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan langkah-langkah sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 12 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru, lembar observasi peserta didik, kinerja peserta didik, keterampilan peserta didik dan tes hasil belajar. Data tersebut di analisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta
didik pada setiap siklus. Hasil observasi guru pada siklus I yaitu 62,50% meningkat menjadi 96,10% pada siklus II. Hasil observasi peserta didik siklus I yaitu 54,16% meningkat menjadi 94,79% pada siklus II. Sedangkan kinerja peserta didik juga mengalami peningkatan, yaitu 48,96% pada siklus I menjadi 93,75% pada siklus II. Dan pada keterampilan peserta didik juga mengalami peningkatan, yaitu 49,48% pada siklus I menjadi 98,81% pada siklus II. Begitu juga dengan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan pada siklus I 50% dan pada siklus II 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya di SD Inpres Lanpun.
Kata kunci: model pembelajaran, kooperatif tipe Think Pair Sare.


Detail Information

Item Type
Penulis
Moni Desmilen Fallo - Personal Name
Student ID
1701140032
Dosen Pembimbing
Taty R. Koroh - 19621004 198811 2 001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Taty R. Koroh - - Ketua Penguji
Andriyani A. Dua Lehan - 199203022019032020 - Penguji 1
Hiwa Wonda - 196201231988031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : .,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Mon P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA